logo


Dukung Pengembangan EBT, PLN Segera Operasikan PLTP Ulumbu

PLTP Ulumbu ini akan memasokn daya terpasang sebesar 4x2,5 MW ke dalam sistem Ruteng

11 Februari 2016 11:44 WIB

Ilustrasi pembangkit listrik tenaga panas bumu(PLTP). (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga panas bumu(PLTP). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagai bentuk komitmen dalam pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT), PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) Tbk memanfaatkan energi panas bumi (gheothermal) yang diolah melalui Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu untuk membantu sistem kelistrikan di Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

PLTP Ulumbu ini terletak di desa Wewo, Manggarai, dekat dengan gunung vulkanik Anak Ranaka. PLTP Ulumbu ini mengolah sumber uap dari kaki gunung Pocoleok melalui 3 sumur dengan kedalaman masing-masing untuk Ulumbu Satu sedalam 1.887,4 meter, Ulumbu Dua 878,6 meter dan Ulumbu Tiga sedalam 945,4 meter.

PLTP ulumbu ini mempunyai daya terpasang sebesar 4x2,5 Megawatt (MW) yang memasok aliran listrik ke dalam sistem Ruteng. Adapun sebagian daerah yang mendapatkan aliran listrik dari PLTP ini yakni kabupaten Manggarai, sebagian Manggarai Timur dan Manggarai Barat.


Pemerintah Didesak Kucurkan Stimulus Listrik untuk Masyarakat Bawah

PLTP ulumbu ini diresmikan pada 11 November 2011 lalu, sementara untuk pengoperasiannya mulai Januari 2012. Saat ini sistem listrik Ruteng di pasok dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Waso dan PLTP Ulumbu.

Dengan adanya PLTP Ulumbu tersebut, PLN berhasil menekan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) hingga 60 persen. Jika sebelumnya ketika hanya dipasok dari PLTD membutuhkan Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar hingga 900 ton per bulan, kini hanya 150 ton per bulan.

"Saat ini yang sudah beroperasi 3 unit, nah rencananya bulan Maret, 4 unit beroperasi, artinya semua PLTD akan kami hentikan operasinya, dan tentu saja kami akan menghemat BPP, karena tidak ada lagi pembelian BBM jenis solar," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, Agung Murdifi, kepada media melalui siaran persnya, Jakarta, Kamis (11/2).

Agung juga menambahkan, PLTP ulumbu saat ini juga menyerap tenaga lokal Seperti penjaga keamanan dan cleaning service. Selain itu tenaga untuk operator 90 persen merupakan penduduk lokal dari Manggarai.

6 Kebijakan Ketat PLN, Cegah Penyebaran Covid-19

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin