logo


Jelajahi Keindahan Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Anda harus ekstra hati-hati untuk mencapai lokasi ini karena medan yang dilalui tergolong cukup terjal

10 Februari 2016 12:32 WIB

Air Terjun Dua Warna Sibolangit. (Foto: Istimewa)
Air Terjun Dua Warna Sibolangit. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat sedang berkunjung ke wilayah Medan, Sumatera Utara, sempatkanlah kaki Anda untuk berkunjung ke Sibolangit. Daerah ini terletak di salah satu kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Karo. Topografi alamnya berbukit-bukit dengan pemandangannya yang sangat cantik serta berhawa sejuk. Tak ayal, kawasan ini menjadi lokasi wisata favorit yang ada di kota Medan. Salah satu wisata alam yang bisa Anda jajaki ketika berada disana adalah Air Terjun Dua Warna Sibolangit.

Lokasi wisata alam ini terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Untuk mencapai lokasi, Anda bisa menempuh jarak sekitar 75 km dari kota Medan. 

Ada beberapa jalur yang bisa dilalui untuk mencapai lokasi air terjun. Biasanya masyarakat sekitar sering menggunakan jalur dari Bumi Perkemahan Sibolangit yang terletak di Desa Bandar Baru, sedangkan melalui jalur bumper, para pengunjung dapat menggunakan kendaran bermotor dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 2 km. Setelah sampai di posko dengan membayar retribusi terlebih dahulu sebesar Rp 25.000/orang, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, untuk memasuki belantara hutan yang lebat dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. 


Storynomic Tourism, Strategi Promosi Pariwisata di Destinasi Super Prioritas

Medan yang harus dilalui untuk mencapai lokasi air terjun tergolong cukup terjal, tanjakan, turunan, juga melintasi sungai kecil yang ada di dalam hutan adalah syarat yang ahrus Anda jalani. Tak hanya itu saja, banyak pula terdapat jurang yang berada di kanan dan kiri jalan. Oleh karena itu, Anda pun harus ekstra hati-hati saat melangkah. Namun ketika Anda tiba di lokasi, perjalanan yang begitu melelahkan akan terbayarkan oleh pesona yang berasal dari air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter, yang terletak di ketinggian 1270 mdpl.

Pancaran keindahan atmosfer pada air terjun ini, tercipta dari dua gradasi warna yang berbeda. Air yang tertampung dari pancurannya di bawah berwarna putih keabu-abuan sedangkan air terjun yang tumpah riuh dari atas berwarna biru muda. Diketahui pula, suhu air yang memiliki kandungan fosfor dan belerang ini juga terbilang unik. Suhu dingin bisa diperoleh pada air yang berwarna biru, sedangkan suhu hangatnya pada air yang berwarna putih keabu-abuan.

Masih di kawasan yang sama, Anda pun bisa menikmati dua air terjun lainnya. Salah satu di antaranya merupakan air terjun Telaga Biru. Di sini Anda dapat berenang dan mandi di Telaga Biru yang berada tepat di bawah siraman air terjun.

Pertama Kali ke Bromo? Ini Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah