logo


​Konsumsi Ubijalar Ungu BAB Lancar

18 Juli 2014 12:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebelum menjabat Presiden Amerika Serikat pada 1789–1797, George Washington adalah pekebun ubijalar di  Mount Vernon, Virginia, Amerika Serikat. Meski George Washington bukan menanam jenis ubijalar ungu, tapi manfaat ubijalar sebagai bahan pangan ketika itu membuat jenderal tentara pada Perang Revolusi Amerika itu menanamnya.
 
Faktanya penanaman ubijalar menyebar ke berbagai penjuru dunia. Rasa lezat umbi itu membuat tanaman yang dibawa Christopher Columbus pada 1492 ke Eropa menjadi populer di sana. Fungsi utamanya tetap sebagai tanaman sumber karbohidrat. Salah satu varietas ubijalar yang pamornya menanjak adalah ubijalar ungu. Purple sweetpotato itu diyakini memiliki beragam khasiat bagi kesehatan tubuh seperti antihipertensi, kanker, diabetes, dan antiaging alias antipenuaan. Khasiat besar itu yang membuat beberapa dokter di tanahair mengonsumsi bahkan meresepkan umbi yang berlimpah antosianin itu kepada pasien. 

Menurut Prof Dr dr J Alex Pangkahila MSc SpAnd FSS AIFO di Denpasar, Bali, ia mengonsumsi jus ubijalar ungu 3 kali sehari. Bahkan Alex tak segan-segan menyuruh para mahasiswa dan kerabatnya turut mengonsumsi jus ubijalar ungu. “Sekali minum sekitar 60 cc,” ujar Alex. Rutinitas konsumsi itu membuat Alex merasakan buang air besar (BAB) lancar dan perut tidak kembung. Alex menjelaskan BAB yang lancar minimal sehari sekali menjadi indikator metabolisme tubuh berfungsi baik. 

Inilah Tanaman Berkhasiat untuk Flu Burung

Halaman: 
Penulis :