logo


Wow, Battle Chef di Batam

Jangan mengira tentara hanya jago menembak musuh.

1 April 2014 17:04 WIB


BATAM, JITUNEWS.COM – Jangan mengira tentara hanya jago menembak musuh. Banyak di antara mereka pandai memasak. Di sela-sela kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2014 di Batam, para koki alias chef dari masing-masing angkatan laut negera peserta melakukan kompetisi “Perang Koki” alias “Battle Chef”.

Ada 20 chef dari 8 angkatan laut asing, 2 chef dari Indonesia dan 10 pelaku usaha kecil (UKM) dari Batam ambil bagian dalam “peperangan”  di dapur itu. Siapa yang menang dalam kompetisi yang bergengsi itu?

 Rudianto, salah seorang juri dari asosiasi koki restoran, hotel, cafe, dan katering mengatakan, tim China mendapat poin tinggi karena dinilai lebih siap dibanding tim lainnya. "Persiapan mereka lebih matang. Dari hiasannya, rasanya, kebersihan. Sementara yang dari lokal, terlihat asal-asalan," jelas koki Hotel Harris Batam Centre ini (30/3).

Tim koki China, yang menyajikan menu ikan masak telur asin dalam lomba tersebut, mendapat poin 6.547 dari para juri. Juara kedua diraih tim koki Thailand dengan perolehan poin 6.501 berkat masakan berkuah khas Thailand, Tom Yam. Sementara itu, tempat ketiga diraih koki angkatan laut Jepang, dengan menu miso ikan tempura sayuran yang mendapat poin 6.169,5 dari para juri.

"Kegiatan ini sebagai ajang atau kesempatan bagi pelaku UKM di Batam untuk bertanding dengan chef internasional," ujar ketua panitia, Lisa Anggraeni, sebagaimana dikutip laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Laksamana TNI Dr. Marsetio, Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia. Marsetio berkesempatan mencicipi menu para peserta, serta menyerahkan hadiah kepada para pemenang berupa medali dan uang pembinaan.

MNEK merupakan kegiatan latihan bersama multinasional angkatan laut dengan misi kemanusiaan untuk menangani dan menanggulangi bencana, baik benacana alam maupun akibat ulah manusia. Kegiatan yang dilaksanakan di  perairan  Kepulauan Riau ini dihadiri oleh 17 negara Asean Plus, serta Australia sebagai pengamat. Disebut ASEAN Plus, karena selain negara-negara ASEAN, Rusia, Amerika, China, India, Jepang turut ambil bagian di dalamnya.
 

Resep Sehat : Manggo Soya Milkshake

Halaman: 
Penulis :