logo


10 Tanaman Hias Langka di Dunia

Agar kesepuluh tanaman hias tersebut tidak punah, maka sudah seharusnya kita menjaga dan melestarikannya

6 Februari 2016 16:49 WIB

Salah satu tanaman langka, Jade Vine (ISTIMEWA)
Salah satu tanaman langka, Jade Vine (ISTIMEWA)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ada sebagian orang yang menikmati relaksasi dengan hanya melihat bunga yang bermekaran, dengan kepakan cantik dari sayap kupu-kupu untuk mendapatkan nektar.

Ada beberapa bunga yang nampak indah saat mekar, namun jarang sekali kita melihatnya di kehidupan sehari-hari karena bunga tersebut dikategorikan bunga yang sangat langka. Berikut 10 bunga paling langka dan terancam hampir punah di habitat aslinya:

1. Jade Vine (Strongylodon Macrobotrys)
 


5 Restoran Chinese Food Terbaik di Jakarta

Bunga Jade Vine adalah bunga langka yang memiliki habitat di hutan hujan tropis di Filipina. Pohon bunga ini termasuk anggota dan keluarga kacang-kacangan dan terkait erat dengan kacang merah. Tanaman ini memiliki bunga yang berbentuk seperti cakar yang tumbuh menggantung dari cabang-cabang pohonnya.

Bunganya ini dapat mencapai hingga tiga meter panjangnya. Warna bunga bisa bervariasi dari hijau kebiruan sampai hijau mint. Spesies ini telah terbukti sangat sulit untuk berkembang biak, dan dianggap sebagai spesies yang terancam punah akibat perusakan habitat dan penurunan penyerbuk alami.

2. Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldii)
 

Bunga dengan bentuk yang menarik ini ditemukan terutama di hutan hujan tropis Indonesia. Bunga ini adalah salah satu bunga yang paling langka di dunia, bunga yang paling terancam keberadaannya sekaligus sebagai bunga terbesar yang ada di dunia, bunga ini diketahui dapat mencapai lebar total lebih dari satu meter.

Kelangsungan hidup Rafflesia ini sepenuhnya bergantung pada pokok tanaman merambat khusus yang disebut pohon Tetrastigma. Karena Rafflesia adalah bunga parasit yang tidak memiliki batang, tangkai, daun, dan akar. Bunga ini membutuhkan pohon tersebut untuk mendapatkan makanannya. Bunga ini sering dijuluki dengan bunga bangkai, karena ia melepaskan aroma daging busuk yang sangat menyengat saat mekar untuk menarik lalat dan kumbang untuk membantu dalam proses penyerbukan. Setelah mekar, bunga ini hanya akan bertahan sekitar satu minggu sebelum akhirnya mati.

Inilah 10 Film Kungfu Terbaik

Halaman: 
Penulis : Hartati, Deni Muhtarudin