logo


Emas Bergerak Di Bawah $ 1.300

Emas Bergerak Di Bawah $ 1.300

16 Juli 2014 09:35 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menguatnya dolar dan kekhawatiran bahwa The Fed bisa menaikkan suku bunga AS lebih cepat dari yang diperkirakan memaksa emas bergerak turun dalam dua hari perdagangan terakhir dan diperdagangkan dekat level terendah empat minggu pada Rabu, di bawah level $ 1.300 per ons.

Emas spot diperdagangkan di $ 1.295,76 per ons pada pukul  00:23 GMT berdasarkan data Reuters, setelah melemah 3,3 persen dalam dua hari sesi terakhir.

Ketua The Fed Janet Yellen mengatakan pada Selasa (15/07) bahwa pasar tenaga kerja AS masih jauh dari sehat dan mengisyaratkan The Fed akan tetap mempertahankan kebijakan suku bunga rendah sampai data penerimaan tenaga kerja dan upah menunjukkan efek dari krisis keuangan “benar-benar sirna”.

Namun, Yellen mengatakan satu hal yang mungkin mendorong bank sentral untuk menaikkan suku bunga lebih awal atau lebih cepat jika pasar tenaga kerja dan upah lepas landas dengan cara yang tidak terduga.

“Sementara itu, penguatan ekonomi AS dan pasar tenaga kerja berarti The Fed harus mulai menaikkan  suku bunga lebih cepat dari perkiraan,” kata Presiden Bank Federal Kansas City Esther George pada Selasa.

Esther George mengatakan bahwa melalui banyak ukuran, termasuk naiknya biaya sewa dan harga pangan dan kuatnya laporan ketenagakerjaan, The Fed seharusnya sudah menaikkan suku bunga dari level nol persen.

Dolar mempertahankan penguatannya di awal perdagangan hari Rabu setelah menguat pada Selasa karena komentar ketua The Fed mengenai tingkat suku bunga, sementara bursa saham AS ditutup agak turun pada Selasa.

Diperkirakan emas akan bergerak dalam kisaran antara $ 1.292 sampai $ 1.308 dengan kecenderungan turun, selama masih bergerak di bawah $ 1.299,80. Emas berpeluang mencoba $ 1.287 atau $ 1.278 apabila berhasil menembus level $ 1.292. Sementara itu, untuk pergerakan ke atas, kelihatannya emas harus bisa menembus level $ 1.299,80 untuk membuka peluang mencoba menembus level $ 1.308 dengan target di level $ 1.313 atau $ 1.321.

*) Tonny Soe, praktisi pasar uang global

Emas Siap Bukukan Penurunan Mingguan Terbesar Sejak September

Halaman: 
Penulis :