logo


Menteri Sudirman Ngotot Saham Freeport Dibeli Antam dan Inalum

Ketiga menteri tersebut akan mendiskusikan terkait besaran harga saham yang dilepas Freeport tersebut

2 Februari 2016 14:54 WIB

Menteri ESDM Sudirman Said. (Foto: Jitunews/Johdan A.A.P)
Menteri ESDM Sudirman Said. (Foto: Jitunews/Johdan A.A.P)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution diminta memfasilitasi pertemuan tiga menteri guna membahas divestasi saham PT Freeport Indonesia sebesar 10,64%.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, ketiga kementerian yang hendak dipertemukan yakni Menteri ESDM, Menteri Keuangan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Nantinya ketiga menteri tersebut akan mendiskusikan terkait besaran harga saham yang dilepas Freeport tersebut.

"Kita akan minta menko untuk fasilitasi pertemuan tiga menteri. Ada sinergi bagaimana menyikapi kesempatan ini," kata Sudirman di Balai Martini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (2/2).

Sudirman mengaku, dengan begini pemerintah telah menjaga supaya regulasi tetap terlaksana baik dari segi waktu dan juga substansi.

"Kita menjaga supaya regulasi pada divestasi terlaksana, dari segi tata waktu dan substansi. pemerintah secara kolektif harus membentuk keputusan, adanya di Kementerian Keuangan dan BUMN," ujarnya.

Sudirman juga memastikan, pemerintah akan tetap mengambil kesempatan divestasi Freeport ini, dengan mendorong kemampuan BUMN pertambangan yakni PT Aneka Tambang (Persero) dan PT Indonesia Asahan Alumunium/Inalum (Persero). Sehingga, porsi negara pada perusahaan asing tersebut akan lebih besar.

"Sejauh ini sikap pemerintah ingin mengambil kesempatan ini. Memperkuat kehadiran kita sebagai pemegang saham. Jadi yang 9,36 persen bisa di tingkatkan jadi 20 persen. Dan pada waktunya akan jadi 30 persen," tutupnya.

Soal IUPK Freeport, Jonan Bilang…

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Vicky Anggriawan