logo


Ibu Hamil Tidak Disarankan Makan Makanan Ini

Makanan seperti nanas, kepiting, dan biji wijen dapat menyebabkan keguguran

2 Februari 2016 13:49 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kehamilan merupakan suatu momen yang paling indah bagi setiap wanita dan ditunggu bagi mereka yang sudah menikah. Periode ini menjadi penting bagi wanita untuk menjaga asupan makanan yang sehat demi kesehatan tubuh dan anak. Namun apakah Anda tahu makan makanan tertentu yang dapat menyebabkan ancaman bagi calon buah hati?

Makanan seperti nanas, kepiting, dan lain-lain dapat menyebabkan keguguran. Selain aktivitas yang berlebihan, keguguran selama tahap awal kehamilan (trimester pertama) sangat umum dipicu oleh makanan. Nah, berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari oleh wanita yang hamil di tahap awal karena berpotensi membahayakan wanita dan janinnya;

1. Nanas


Jangan Buru-buru Dibuang, Ini Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

Sudah bukan rahasia lagi jika nanas mengandung bromelain yang bisa menyebabkan kontraksi pada ibu hamil. Hal ini otomatis dapat menyebabkan keguguran pada trisemester pertama. Jadi, lebih baik untuk menghindari buah ini selama trimester pertama kehamilan Anda.

2. Kepiting

Kepiting memang memiliki rasa sangat nikmat, dan tak bisa dipungkiri juga kalau kepiting mengandung banyak kalsium dan nutrisi. Namun Anda harus menghindari makanan ini pada tahap awal kehamilan, karena mengonsumsi kepiting bisa membuat rahim menyusut dan menyebabkan pendarahan internal.

3. Biji wijen

Wanita pada tahap awal kehamilan tidak boleh makan terlalu banyak biji wijen. Bila dicampur madu, biji wijen berpotensi menyebabkan keguguran. Namun, biji wijen hitam dapat dikonsumsi pada tahap kehamilan terakhir, karena bisa membantu Anda dalam proses melahirkan.

4. Hati ayam

Umumnya hati ayam sangat sehat karena mengandung vitamin A. Meskipun aman untuk dimakan sekali atau dua kali dalam sebulan, namun hal tersebut bisa membahayakan jika Anda makan setiap hari selama kehamilan. Makan setiap hari dapat menyebabkan tingginya penumpukan retinol yang berbahaya bagi janin.

5. Aloe vera

Lidah buaya sangat bagus untuk rambut, kulit, dan pencernaan. Namun, wanita hamil harus menghindari mengkonsumsi jus lidah buaya, karena dapat menyebabkan pendarahan panggul dan bisa membuat keguguran.

6. Pepaya

Pepaya, khususnya  adalah salah satu makanan yang bisa menyebabkan keguguran. Pepaya hijau atau mentah mengandung enzim yang dapat menyebabkan kontraksi rahim yang bisa menyebabkan keguguran. Itu sebabnya wanita hamil harus menghindari konsumsi pepaya hijau terutama saat hamil. Hindari makan seperti salad atau hidangan yang terbuat dari itu.

7. Oyong

Sayur oyong banyak mengandung vitamin, zat besi dan kalium. Namun, sayuran ini mengandung alpha-sitosterol yang berbahaya bagi ibu hamil untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, ibu hamil harus menjauhi sayuran ini.

Ramai Beredar Air Kelapa Campur Jeruk Nipis Basmi Corona, Ini Faktanya

Halaman: 
Penulis : Suciati, Agung Rahmadsyah