logo


Genjot Hasil Budidaya Laut, Ini Langkah yang Diterapkan DKP Sulsel

Peningkatannya sebesar 5,4 persen dari tahun sebelumnya (2015)

1 Februari 2016 12:53 WIB

Ilustrasi udang hasil tangkapan. (Foto: dok. djpb.kkp.go.id)
Ilustrasi udang hasil tangkapan. (Foto: dok. djpb.kkp.go.id)

MAKASSAR, JITUNEWS.COM- Untuk mencapai target di sektor budidaya perikanan laut, Kepala Budidaya Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel tengah menyiapkan sejumlah langkah strategis. Adapun target peningkatan produksi sektor budidaya laut mencapai 5,4 persen dari tahun sebelumnya (2015). 

Kepala Bidang Budidaya Perikanan, DKP Sulsel, Sulkaf S Latief, mengatakan, untuk mencapainya memang bukan hal yang mudah, tapi pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah strategis agar target tersebut dapat terpenuhi.

"Kami melakukan pendampingan ke pembudidaya mengenai penggunaan bibit bersertifikat, cara budidaya perikanan yang baik, dan pemeliharaan,” ujar Sulkaf, dalam keterangan tertulis yang diterima jitunews, Senin (1/2).


Polisi NTB Turun ke Lapangan, Kawal Penyaluran Program Bantuan KKP

DKP, lanjut Sulkaf, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk menjalankan berbagai program pendampingan dan pemberian bantuan benih berkualitas tersebut. "Saat ini kami tengah menyiapkan anggaran untuk mencapai target tersebut," tukasnya.

Sebelumnya, Kepala DKP Sulawesi Selatan, Iskandar, mengatakan, target produksi yang ingin dicapai tersebut diantaranya terdiri dari komoditi udang sebanyak 41,3 ribu ton dan 2,9 juta ton rumput laut. “Kenaikan target produksi memang tidak terlalu besar, dari 3,051 juta ton di 2015, menjadi 3,216 juta ton di tahun 2016 ini,” tutur Iskandar.

Penolakan Program Bantuan KKP kepada Pembudidaya Ikan adalah Hoax

Halaman: 
Penulis : Puput Indah Lestari, Christophorus Aji Saputro