logo


Tertarik Menjelajahi Sumber SIrah? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini

Jagalah kelestarian Sumber Sirah dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan tindakan yang merusak

1 Februari 2016 09:30 WIB

Sumber sirah. (Ist)
Sumber sirah. (Ist)

MALANG, JITUNEWS.COM - Tahukah Anda bawah air di Sumber Sirah menjadi satu-satunya pusat irigasi untuk sawah masyarakat di beberapa Kecamatan? Saluran irigasi yang dibangun sangat rapi inilah yang juga dijadikan pengunjung sebagai arena tubing, mengapung dengan bantuan pelampung berupa ban. Atas dasar itu mengapa kita perlu memerhatikan beberapa hal agar kelestariannya tetap terjaga.

Sumber Sirah memang dibuka sebagai tempat wisata, sehingga kita bisa dengan bebas berenang bahkan snorkeling. Bahkan di sana ada tempat yang menyewakan pelampung untuk umum, tarifnya pun terbilang ramah yakni Rp 3 ribu. 

Jika Anda ingin mengunjungi dalam waktu dekat, sebaiknya perhatikan akses menuju kelokasi yang rawan menjadi licin karena faktor lokasinya yang masih alami. Nah, berikut adalah panduan untuk menjelajahi Sumber Sirah agar rekreasi Anda Aman dan berkesan.


Thailand Berlakukan Jam Malam, Denda Rp 20 Juta bagi yang Melanggar

- Tetap jaga kelestarian Sumber Sirah dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan melakukan tindakan yang merusak.

- Lokasi tidak bisa ditempuh dengan mobil, karena jika menggunakan mobil, maka kita harus memarkirkan kendaraan di rumah penduduk dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter saja.

- Sumber Sirah dapat ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 30-45 menit dari Kota Malang.

- Rute dari Malang adalah sebagai berikut; Malang – Bululawang – Pabrik Gula Karet – Pabrik Pioneer – Sebelah kanan jalan terdapat gang sempit yang hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua atau berjalan kaki.

- Jika ingin berenang, gunakan pakaian yang nyaman untuk berenang dari rumah karena tidak ada tempat berganti pakaian atau pun toilet umum.

- Datanglah pada siang hari agar berkas cahaya matahari bisa tembus masuk dan memberikan nuansa yang terang di sekitar Sumber Sirah Malang. Agar kondisi airnya terlihat bening saat difoto, datanglah pada saat weekdays dan bukan weekend. 

Yuk Cek Referensi Wisata di Yogyakarta yang Cocok Dikunjungi Selesai Pandemi

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah