logo


Hadapi MEA, KKP Inisiasi Tumbuhnya 600 Usaha Perikanan

Hal ini sebagai cikal bakal koperasi perikanan di tanah air

29 Januari 2016 16:37 WIB

Ilustrasi usaha perikanan.(dok.Ist.)
Ilustrasi usaha perikanan.(dok.Ist.)

BOGOR, JITUNEWS.COM- Sebagai upaya penguatan daya saing para pelaku usaha perikanan dalam menghadapai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP), menginisiasi penumbuhan 600 kelompok masyarakat pelaku usaha perikanan sebagai cikal bakal koperasi perikanan. 

Kepala Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (Pusluhdaya KP), Endang Suhaedy, mengatakan, dengan mekanisme perdagangan bebas di kawasan negara-negara ASEAN yang mulai dijalankan tahun ini. Ada dua kegiatan penting agar pelaku utama dan usaha perikanan bisa bersinergi dalam menghadapi era MEA. 

"Pertama, aksi kolektif pelaku utama dan usaha perikanan melalui kegiatan penguatan kelembagaan kelompok. Kedua, kegiatan pemberdayaan pelaku utama dan usaha perikanan melalui pengawalan dan pendampingan penyuluhan," ungkap Endang, Jumat (29/1), di Bogor.


Indonesia Jadi Rujukan Dunia Sistem Minapadi

Endang juga menyampaikan bahwa pada tahun 2016 Pusluhdaya KP menargetkan 10.000 kelompok yang didampingi oleh penyuluh. Sehingga diharapkan, pada tahun ini (2016) dapat tercipta 600 kelompok koperasi penyuluh.

Hal ini dilakukan juga dalam rangka mengimplementasikan Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 298 ayat 5 dan juga Surat Edaran Menteri Dalam negeri Nomor 900/4627/SJ, tentang pentingnya keberadaan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum, sebagai pelaku utama ekonomi kerakyatan untuk pengembangan usaha mikro sektor kelautan dan perikanan.

"Diharapkan, lahir persamaan persepsi sekaligus menjaring masukan dari stakeholder dalam pembentukan dan pengelolaan koperasi perikanan serta sosialisasi pembentukan dan pengelolaan koperasi perikanan," tukas Endang.

KKP Restocking Benih Kakap Putih dan Clownfish di Perairan Anambas

Halaman: 
Penulis : Puput Indah Lestari, Christophorus Aji Saputro