logo


Soal Jagung, DPR Minta Pengusaha Perhatikan Nasib Petani

Petani bekerja sekuat tenaga meningkatkan produktivitas jagungnya

29 Januari 2016 12:12 WIB

Petani sedang panen jagung (Ist)
Petani sedang panen jagung (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menyikapi kedatangan para pengusaha perunggasan yang mengeluhkan langkanya pasokan serta naiknya harga jagung yang signifikan, anggota Komisi IV DPR RI justru memberi tantangan kepada para pengusaha agar lebih memperhatikan para petani jagung. 

"Pengusaha juga jangan hanya mencari keuntungan yang besar, harus perhatikan juga para petani kecil," tegas Sudin, anggota Komisi IV DPR RI dari fraksi PDIP, saat melakukan rapat dengar pendapat dengan para pengusaha perunggasan, di Jakarta.

Pasalnya, menurut Sudin, kecenderungan para pengusaha adalah mencari keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa memperhitungkan jerih payah petani. "Sementara saat ada kesulitan usaha, baru berteriak, dan saat untung diam-diam," terangnya.


DPR Puas dengan Kemajuan Pembangunan Perikanan Budidaya

Dikatakan Sudin, petani banyak yang kerja keras memanen jagung. Bahkan ada yang mati-matian mendistribusikan hasil panennya ke lokasi yang begitu jauh. "Di daerah pemilihan saya di Lampung, karena lokasi kebunnya sangat jauh, maka mereka (petani) mengangkut hasil panen jagungnya menggunakan ojek dengan jalan yang sempit, dan ini tidak diperhitungkan oleh pengusaha," tuturnya.

Karena itu, Sudin sangat berharap, agar pengusaha tak lagi hanya mementingkan usaha dan keuntungannya, tetapi juga harus berpikir seimbang dengan memperhatikan para petani kecil di daerah pedesaan. "Para petani kecil sudah berusaha sekuat tenaga di lapangan, sementara harga di pasar turun karena kalah saing dengan jagung impor. Itu kan repot, sayang para petaninya," tandasnya tegas.

Kecewa dengan Program Swasembada Bawang, Komisi VI Minta KPK Turun Tangan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro