logo


Industri Pengolahan Ikan Sulap Tulang Ikan Jadi Pupuk Organik

Pupuk menjadi elemen yang penting bagi tumbuh kembang tanaman

28 Januari 2016 12:40 WIB

Ilustrasi industri pengolahan ikan asin. (Foto: dok. beritadaerah.co.id)
Ilustrasi industri pengolahan ikan asin. (Foto: dok. beritadaerah.co.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Di era teknologi yang canggih sekarang ini, limbah bisa menjadi produk yang berguna. Beberapa industri pengolahan ikan sebenarnya sudah mulai melakukan inovasi pengolahan limbah ikan menjadi produk yang bernilai ekonomis, salah satunya adalah pupuk organik. 

Banyak industri perikanan yang berkembang untuk mencukupi kebutuhan produk olahan ikan. Namun, dengan bertambahnya industri ikan, pertumbuhan limbah yang dihasilkan juga ikut melonjak. Oleh karena itu, industri menjadikan limbahnya (tulang ikan) menjadi produk berguna lainnya.

Untuk mengolah limbah tersebut, industri pengolahan ikan tentunya harus memiliki metode tertentu. Sebab, jika limbah dibiarkan begitu saja, lokasi industri bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan virus penyebab penyakit.


RI dan Arab Saudi Sepakat Perluas Ekspor Perikanan ke Timur Tengah

Manfaat pupuk, tanaman memerlukan nutrisi lengkap dalam bentuk unsur hara makro, hara makro sekunder, dan unsur hara mikro. Namun beberapa tanah ada yang tidak memiliki semua unsur tersebut. Karena itu perlu adanya usaha penambahan dalam bentuk pupuk.

Kandungan unsur makro dalam pupuk biasa terbatas, tidak mencukupi untuk kebutuhan tanaman. Dengan begitu harus dilengkapi dengan penambahan unsur lain agar kandungan nitrogen, fosfor, dan kaliumnya sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Unsur hara makro terdiri dari makro primer seperti N, P, dan K; makro sekunder seperti Ca, Mg, dan S; sedangkan unsur hara mikro terdiri dari Fe, Zn, Cu, Mn, Cl, Bo, Mo, dan banyak lagi lainnya. Kandungan protein yang sangat tinggi memungkinkan pupuk organik dari limbah ikan membantu pertumbuhan tanaman.

Tim Pengawalan SPIP Dukung Tercapainya UPSUS SIWAB

Halaman: 
Penulis : Puput Indah Lestari, Christophorus Aji Saputro