logo


Ragam Kuliner Khas Ponorogo yang Ampuh Membuai Lidah

Sate Ponorogo memang sudah terkenal kelezatannya, namun kuliner Ponorogo tak hanya sebatas sate

28 Januari 2016 09:42 WIB

Salah satu sate khas ponorogo.(dok.Ist.)
Salah satu sate khas ponorogo.(dok.Ist.)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sate Ponorogo memang sudah terkenal kelezatannya. Dagingnya memiliki tekstur yang sangat empuk, dibalur dengan limpahan saus kacang yang mengundang selera. Tidak heran, jika masyarakat Ponorogo merasa bangga dengan kuliner khas yang ada disana. 

Namun, kuliner khas wilayah yang terletak di sisi barat provinsi Jawa Timur ini tidak hanya satenya saja lho yang enak untuk dikonsumsi. Masih banyak deretan makanan khas yang ada disana dan wajib diketahui, terutama Anda yang gemar berpetualang kuliner. Saat berkesempatan menjajaki kaki ke Ponorogo, yuk telusuri makanan lezat berikut ini.

1. Sego Tahu 


Lagi di Semarang, Nikmati Lezatnya Penyetan Seafood Nikmat Rasa!

Penampilan sego tahu memang hampir mirip dengan tahu gimbal khas Semarang, namun bedanya tahu disini dihadirkan dengan cara dikopyok. Sego tahu (nasi tahu) terbuat dari nasi atau lontong yang dicampur dengan bumbu tahu. Tahunya terbuat dari tahu putih yang dicampur dengan telur goreng setengah matang lalu dipotong-potong dan dicampur dengan kecap manis,taburan bawang goreng, kacang goreng dan seledri. Sensasi rasa gurih campur kriuk menjadi perpaduan elemen rasa yang mampu membuai lidah Anda. Bagi Anda penggila pedas, tambahkan sambal agar rasanya semakin menggugah. Pokoknya joss gandos deh rasanya.

2. Rujak Petis 

Makanan yang ada di Jawa Timur memang sebagian besar menggunakan petis untuk menghasilkan citarasa gurih,salah satunya bisa Anda temui adalah rujak petis. Rujak ini memiliki tampilan seperti rujak cingur khas Surabaya, namun lebih minimalis lagi bahannya karena tidak menggunakan cingur (hidung sapi) dan rebusan kaki sapi. Rasanya dijamin, bisa membuat mulut Anda tak mau berhenti mengunyah.

3. Pecel Ponorogo 

Pecel disini memiliki ciri khas dan citarasa yang berbeda dari pecel daerah lain. sambal kacangnya terlihat lebih kental dan terasa pedas. Isinya pun lebih komplit yakni terdiri dari sayur hijau, mentimun, daun kemangi, tauge, dan lamtoro (petai cina). Selain itu, ada juga penjual yang menambahkan oseng mie dan kacang pedas serta gorengan. Nyamm,,rasanya top markotop.

4. Cao

Minuman dingin ini sangat asik diteguk saat udara sedang panas-panasnya. Cao berasal dari campuran air gula merah,cincau hitam dan kolang kaling. Sebagai penambah rasa segar Es cao dicampur dengan sedikit perasan jeruk nipis. Slurrrpp,,,akh segarnya mampu memenuhi sela-sela langit-langit mulut Anda.

5. Es Dawet Jabung

Bagi Anda yang suka minuman manis bersantan, sepertinya es dawet jabung merupakan minuman rekomendasi untuk dicicipi ketika berada di Ponorogo. Minuman dingin ini berasal dari campuran cendol, nangka, bubur ketan, dan grentol. Kuahnya dari santan, air gula, serta sedikit garam. Kata Jabung merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, tempat asal minuman ini. Meskipun berasal dari Kecamatan Jabung. Namun tak hanya disana, diberbagai sudut kota Ponorogo, Anda pun bisa menjumpai es dawet ini.

Jadi Mitra Binaan Pertamina, Ibu dan Anak Ini Kolaborasi Kembangkan Bisnis Kue Kering Berbahan Cokelat di Bogor

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah