logo


Sebanyak 10 Kampung Nelayan Rampung di 2016

Penyusunan program pembangunan infrastruktur Kemenpupera salah satunya dilakukan konreg

26 Januari 2016 18:32 WIB

Suasana perkampungan nelayan di wilayah Tegal, Jawa Tengah.(Jitunews/Tommy)
Suasana perkampungan nelayan di wilayah Tegal, Jawa Tengah.(Jitunews/Tommy)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono tengah menargetkan untuk membangun 10 kampung nelayan pada 2016. Hal ini disampaikan Menpupera Basuki Hadimuljono sat rapat kerja dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), pada Selasa (26/01). 

"Saat ini, sebanyak tiga kampung nelayan di tiga kota, yakni Tegal, Bengkulu, dan Pontianak, sedang dimulai pembangunannya. Tujuh lainnya baru desain," ungkap Menpupera Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya.

Basuki menerangkan, penyusunan program pembangunan infrastruktur Kemenpupera salah satunya dilakukan setelah melalui konferensi regional (konreg) yang juga perlu melibatkan DPD.   

"Koordinasi pembangunan infrastruktur 2015 dan program prioritas 2016 telah dan akan disusun bersama DPD sesuai dengan amanat Nawacita, seperti konektivitas jalan, pembangunan bendungan, jembatan,  perumahan, irigasi, air minum, dan sanitasi," papar Basuki.

Ketua Komisi II DPD selaku Pimpinan Rapat Parlindungan Purba mengatakan, ke depan akan melaksanakan rapat koordinasi dan kami akan diundang dalam rapat kewilayahan.

"Rapat koordinasi ini nantinya akan kami pergunakan untuk memberikan masukan kepada Kemenpupera, tidak hanya dalam menyusun program, tapi juga dalam teknis pengawasan," ujar Parlindungan.  

Parlindungan juga meminta pemerintah melibatkan anggota DPD RI dalam rangka sinkronisasi kegiatan pembangunan infrastruktur antara pusat dan daerah sebelum pelaksanaan Musrenbang.

"Termasuk dalam rancangan pembangunan kampung nelayan," pungkasnya. 

Presiden Jokowi Ajak Nelayan Gunakan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya
 
×
×