logo


Kementan Diminta Waspadai Dampak El Nino dan La Nina

La Nina merupakan musim hujan yang berdampak pada banjir

26 Januari 2016 11:11 WIB

Anggota komisi IV DPR RI, Andi Akmal. (Foto: Ist)
Anggota komisi IV DPR RI, Andi Akmal. (Foto: Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Perubahan iklim yang tak menentu masih menjadi momok menakutkan di sektor pangan dalam negeri. Pasalnya, perubahan iklim ini berdampak dengan tingkat produktivitas tanaman pangan. Parahnya lagi, perubahan iklim ini bakal berlanjut hingga akhir 2016. 

Terkait dengan hal itu, anggota dewan mengingatkan kepada pemerintah agar mewaspadai perubahan iklim tersebut guna menjaga kestabilan pasokan pangan tanah air. 

Anggota komisi IV DPR RI, Andi Akmal, mengungkapkan, pihak Kementerian Pertanian (Kementan) hingga kini telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga kestabilan produksi di sektor pangan. Meski begitu, ia berharap, upaya mengatasi perubahan iklim ini terus dilakukan secara terus-menerus.


Kagumi Terobosan Jokowi, Bamsoet: Negara Penuhi Hak Pangan Warganya

"Perubahan iklim ini kan ekornya masih sampai akhir 2016. Pemerintah pun perlu waspada," tegas anggota komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS ini, di Senayan, Jakarta.

Tak hanya itu, mulai awal tahun ini, Andi meminta pemerintah khususnya Kementerian Pertanian (Kementan) mengambil langkah strategis, terutama untuk menyikapi dua fenomena alam yang bakal terjadi di tahun ini. Mulai dari El Nino hingga La Nina (musim penghujan yang kemudian berdampak pada banjir).

"Saya juga berharap pemerintah sudah mengambil langkah strategis untuk setiap kemungkinan itu, sehingga saat perubahan iklim terjadi kita sudah siap," pungkas Andi berharap.

DPR Puas dengan Kemajuan Pembangunan Perikanan Budidaya

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro