logo


Minuman-minuman Ini cuma Ada di Indonesia Lho

Di setiap daerah di Indonesia, minuman pasti beragam rupa sajiannya

22 Januari 2016 19:11 WIB

Es Teler. (Ist)
Es Teler. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya, hingga secara tak langsung hal ini berpengaruh pula dengan keanekaragaman kulinernya. Misalnya saja makanan dan minuman meskipun memiliki tampilan yang agak mirip, namun ada perbedaan dari cirikhas rasanya. 

Untuk minuman di setiap daerah pasti memiliki rupa-rupa sajiannya, ada yang disajikan dalam keadaan dingin ataupun panas. 

Nah, berikut ini ulasan mengenai minuman asli dan khas yang hanya bisa Anda jumpai di Indonesia. Apa saja? Yuk, kita simak!


Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Lodeh Tempe

1. Bajigur

Di tanah Sunda, ada salah satu minuman hangat yang sudah tersohor keberadaannya yakni Bajigur. Minuman ini memiliki tampilan berwarna cokelat hasil dari campuran gula merah, jahe dan juga santan. Asiknya menyeruput minuman ini saat udara sedang dingin di waktu hujan mengguyur bumi, ditemani sepotong roti tawar. Slruppp..akhh seruputannya mampu memenuhi rongga di tenggorokan dan meluncur hangat ke dada.

2. Wedang Ronde

Masih membahas minuman hangat, bergeser ke daerah Jawa Tengah tepatnya di Yogyakarta ada minuman khas yang bernama wedang ronde. Dalam bahasa Jawa, Wedang memiliki arti minuman. Hangatnya minuman ini berasal dari jahe yang dicampur dengan cendil berwarna putih yang kerap disebut ronde. Sebagai pelengkap hadir pula dengan kacang sangrai, kolang-kaling dan potongan roti tawar.

3. Es Oyen

Beralih ke minuman dingin, tepatnya di Garut ada sebuah minuman tradisional yang khas bernama Es Oyen. Es oyen ini mirip-mirip seperti es campur, di dalamnya terdapat berbagai macam bahan campuran, seperti alpukat, nangka, kelapa muda dan sedikit mangga. Soal rasa, pastinya sangat menyegarkan. Cocok untuk dikonsumsi saat matahari sedang terik.

4. Es Teler

Es teler sebenarnya pertama kali dipopulerkan oleh Tukiman Darwijono di dekade tahun 1980-an. Walaupun namanya es teler, Anda tak perlu khawatir akan mabuk ketika mengonsumsinya. Karena minuman dingin dan menyegarkan ini berasal dari campuran potongan alpukat, nangka, kelapa muda. Untuk penambah rasa, biasanya disajikan dengan santan encer, susu kental manis dan sirup.

5. Es Doger

Awalnya es ini hanya berupa serutan kelapa muda yang diberi es dan dicampur santan encer. Seiring berjalannya waktu, banyak pedagang yang melakukan modifikasi dengan menambahkan tape singkong, ketan hitam, pacar cina, roti tawar, alpukat dan nangka.

Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Tomyam Udang

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah