logo


Sumbar Terima 1.000 Ekor Sapi dari Kementan

1.000 ekor sapi yang diterima petani di Sumbar dari Kementan itu, lebih sedikit jika dibandingkan dengan provinsi lain

22 Januari 2016 17:48 WIB

Sapi (ist
Sapi (ist

PADANG, JITUNEWS.COM - Sumatera Barat (Sumbar) kembali mendapatkan bantuan 1.000 ekor sapi jenis brahman dari Kementrian Pertanian (Kementan) di tahun 2016 sebagai bentuk penunjang swasembada daging.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Erinaldi mengatakan, sapi tersebut diserahkan pada kelompok tani yang sebelumnya telah diverifikasi oleh Pemprov Sumbar.

"Ada 40 kelompok tani yang akan diberikan bantuan sapi itu, dengan masing-masing kelompok mendapatkan 25 ekor sapi," katanya, Jumat (22/1).

Menurutnya, sapi pembibitan jenis brahman itu untuk dikembangkan menjadi peternakan. Nantinya, anak-anak sapi yang kualitasnya tinggi dapat terus berkembang lebih banyak lagi.

Ia menyebutkan, 1.000 ekor sapi yang diterima petani di Sumbar dari Kementan itu, lebih sedikit jika dibandingkan dengan provinsi lain. Karena secara nasional sapi itu diberikan 50 ribu ekor sapi.

"Alasan di Sumbar lebih sedikit, karena petani-petani di Sumbar akan kwalahan jika diberi ternak yang banyak. Selain itu jumlah 1.000 itu merupakan hasil seleksi untuk kebutuhan di Sumbar," ungkap Erinaldi.

Dikatakanya, selain bantuan dari Kementrian Pertanian, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, juga telah melakukan pembinaan pada kelompok dan pengusaha peternakan sapi di Sumbar. Seperti pada 2015, dari sebanyak 3.000 kelompok peternak di Sumbar telah menggunakan kredit usaha rakyat (KUR) yang menyerap Rp180 miliar.

Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Halaman: 
Penulis : Muhammad Noli Hendra (KR), Vicky Anggriawan
 
×
×