logo


Ini Dia 9 Manfaat Garam Epsom bagi Tanaman

Garam epsom merupakan obat yang baik untuk tanaman yang sangat mudah ditemukan

22 Januari 2016 15:31 WIB

Garam Epsom. (dok.Ist.)
Garam Epsom. (dok.Ist.)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Garam Epsom untuk taman dapat menjadi pilihan terbaik. Apa itu garam Epsom? Garam epsom adalah magnesium sulfat, yang memiliki rumus MgSO4.7H20. Pada dasarnya, komponen ini pertama kali ditemukan di Epsom, Inggris. Oleh karena itu garam ini bernama epsom. Anda mungkin pernah mendengar penggunaan Epsom garam bagi tubuh manusia, tetapi bagaimana cara membantu dalam berkebun?

Garam epsom merupakan obat yang baik untuk tanaman. Dan garam epsom sangat mudah ditemukan, Anda bisa membelinya di toko grosiran ataupun apotek. Berikut adalah beberapa manfaat garam epson untuk tanaman seperti yang dilansir dari boldsky:

1. Melindungi tanaman dari anjing rakun


5 Tanaman Ruangan Tren 2018 untuk Rumahmu, Tengok Yuk!

Bagaimana cara menjaga tanaman seperti melon atau mentimun dari anjing rakun? Sebarkan garam epson di sekitar taman, anjing rakun tidak menyukai aroma garam epsom. Jika hujan turun, taburkan ulang kembali garam epsom pada taman.

2. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Jika Anda tidak ingin menggunakan pupuk kimia untuk pertumbuhan tanaman,  Anda bisa menggunakan garam Epsom. Komponennya akan bercampur dengan tanah dan meningkatkan asupan nutrisi yang berguna dari tanah untuk pertumbuhan berkualitas tinggi pada tanaman.

3. Meningkatkan produksi

Garam epsom untuk taman sangat diperlukan untuk menghasilkan produksi yang banyak. Jika Anda ingin taman Anda penuh tomat atau lada, gunakan satu sendok teh garam dengan satu galon air. Semprot diatas tanaman satu sampai dua minggu dan lihat apa yang akan terjadi pada tanaman Anda.

4. Memindahkan tanaman 

Jika anda mau memindahkan satu tanaman dari tanah yg lama ke tanah baru, tanaman tersebut akan memakan waktu untuk beradaptasi dengan tanah yang baru. Anda bisa menambahkan garam epsom pada tanah baru tersebut dengan begitu tidak perlu memakan waktu yang lama untuk beradaptasi. Dan pastikan garam tidak bertemu langsung dengan akar.

5. Untuk daun lebih hijau

Jika tanaman kekurangan magnesium daun daunnya akan berubah warna menjadi kuning. Oleh karena itu garam epsom sangat dibutuhkan untuk membuat daun tetap berwarna hijau. Taburkan garam epson di tanaman secara rutin.

6. Mencegah keriting pada daun

Kekurangan magnesium juga menyebabkan daun keriting, jadi sebarkan garam epsom di beberapa daun yang mulai pucat atau campurkan satu sendok teh garam epsom dengan satu galon air dan taburi langsung diatas tanaman.

7. Menjaga tanaman dari hama

Anda bisa menggunakan garam epsom untuk menjaga tanaman Anda dari hama. Taburkan di sekitar tanaman. Garam epsom akan membuat iritasi pada serangga dan juga hama. Tanaman anda akan tetap aman jika Anda menggunakan garam epsom. Dan garam epsom juga ramah lingkungan.

8. Baik untuk bunga mawar

Apa rahasia di balik bunga mawar yang melimpah di perkebunan? Pastilah perawatan yang baik, namun garam epsom juga berperan dalam hal ini. Garam epsom bisa meningkatkan warna bunga namun tak hanya itu garam epsom juga berpengaruh dalam ukurannya. 

9. Meningkatkan tingkat klorofil

Garam epsom meningkatkan warna hijau pada dedaunan sehingga membuat mereka terlihat lebih segar dan cantik.

Kembali Jadi Primadona, Yuk Kenali Manfaat Tersembunyi dari Aglaonema

Halaman: 
Penulis : Suciati, Agung Rahmadsyah