logo


Luruhkan Kista dan Fibroid dengan Houseleek

Dokter di Rusia telah merekomendasikan tanaman ini sebagai bahan dasar obat dan antioksidan

21 Januari 2016 12:59 WIB

Tanaman houseleek. (google image)
Tanaman houseleek. (google image)

JAKARTA, JITUNEWS.COM– Tanaman houseleek, hmm..namanya terdengar awam di telinga ya? Bagi Anda yang belum mengetahui sosok tanaman ini, houseleek dikenal sebagai tanaman pelindung bagi tanaman lain dari serangan hama seperti ulat dan serangga. Biasanya tanaman ini ditanam berdampingan dengan tanaman utama yang dibudidayakan. Cara tersebut telah lama dilakukan oleh petani di Yunani dan Roma.

Karakteristik. Tanaman houseleek merupakan tanaman sukulen dari genus Sempervivum. Tanaman yang bernama Latin Sempervivum tectorum ini memiliki penyebutan nama yang beragam. Di beberapa belahan Eropa, tanaman ini dikenal dengan nama Hens and Chick Plant. Di daerah lainnya ada juga yang menamainya ayegreen plant. Pada awal ditemukannya, tanaman ini banyak dijumpai di Subalpine Eropa, tetapi sekarang ditemukan sangat umum di dinding tua dan atap.

Salah satu keunggulan tanaman houseleek adalah tanaman ini tidak mudah mati. Tanaman ini sangat tahan akan suhu yang tinggi bahkan kekeringan sekalipun. Tanaman houseleek hanya bisa mati jika kita terlalu banyak mengairinya.

Fisik tanaman houseleek mampu tumbuh setinggi 3 hingga 6 inchi saja, dan berbunga di musim panas. Dan karena tidak memiliki akar yang dalam. Tanaman ini dapat dibudidayakan di dalam pot yang berukuran kecil pula.

Khasiat. Menilik khasiatnya, tanaman houseleek diyakini dapat dimanfaatkan khasiatnya dalam hal pengobatan penyakit seperti penyakit jantung, kista dan fibroid. Bagian tanaman yang dimanfaatkan adalah helaian daunnya.

Dikutip dari laman healthyfoodteam.com, bahkan dokter di Rusia telah merekomendasikan tanaman ini sebagai bahan dasar obat dan antioksidan.

Bagi Anda yang tertarik memanfaatkan tanaman houseleek sebagai obat penyakit kista, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memotong 300 gram daun houseleek menjadi ukuran kecil, bukan dicincang karena itu dapat membuang-buang sebagian kandungannya. Setelah itu, irisan daun houseleek tersebut dicampur dengan 500 gram madu asli. Kemudian biarkan campuran tadi selama 2-3 hari sampai tercampur dengan baik.

Setelah ramuan jadi, langkah selanjutnya Anda tinggal mengonsuminya dengan cara diminum. Konsumsi pertama sebaiknya di pagi hari pada saat perut kosong. Pastikan Anda tidak makan apa-apa di hingga 2 jam berikutnya. Sangat sederhana bukan?

Selamat mencoba ya!

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×