logo


Berlomba Mengisi Ceruk Pasar Tomat Premium

Menyoal pasarnya sendiri, tomat premium kini mengisi sejumlah pasar swalayan di Ibu Kota

21 Januari 2016 11:26 WIB

Tomat indigo rose merupakan salah satu jenis tomat premium. (Ist)
Tomat indigo rose merupakan salah satu jenis tomat premium. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tomat kelas premium yang masuk ke dalam jenis sayur-sayuran ini mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Harap maklum, penampakannya sendiri berbeda dengan tomat lazimnya.

Salah satu jenis tomat premium tersebut adalah indigo rose. Penampakan tomat indigo rose ini kulit luarnya berwarna ungu pekat mendekati hitam, tak seperti tomat umumnya yang kulit luarnya berwarna merah.

Indigo rose merupakan tomat hasil persilangan 2 spesies tomat liar asal Chile dan Kepulauan Galapagos Ekuador. Menyoal pasarnya sendiri, tomat indigo kini mengisi sejumlah pasar swalayan di Ibu Kota dan sekitarnya, yaitu di Aeon dan Lotte Mart.

Salah satu pekebun tomat yang mengembangkan indigo rose adalah Ardi Suseno. Pekebun tomat di Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini membudidayakan 2.100 tanaman tomat di dalam 3 rumah tanam.

Dari jumlah tanamannya itu, sedikitnya Ardi dapat memanen 40 kilogram tomat ungu setiap hari. Ia mengemas hasil panennya berbobot 250 gram dan 500 gram lalu menjualnya ke beberapa pasar swalayan di Bandung.


Raup Untung Hingga Rp 5 Juta dari Pepaya California

“Harga jual tomat ini di pasar Rp 45-55 ribu per kilogram, jadi kalau dihitung omzet saya Rp 1,8-2 juta per hari atau Rp 54-60 juta per bulan. Cukup menguntungkan,” kata Ardi seraya tersenyum.

Merunut sejarahnya, Ardi mulai mengebunkan tomat indigo rose sejak 2013. Menurut Ardi, jumlah pasokan dari kebunnya masih kurang untuk memenuhi permintaan pasar. Itulah sebabnya kini Ardi bermitra dengan pekebun di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

“Permintaan Pasar di Bandung dan sekitarnya baru terpenuhi sekitar 50%, melihat ceruk pasar yang luas kini juga sudah tak sedikit pekebun yang menggarap tomat ini,” jelas Ardi.

Mengulik Keunggulan Tomat Asal Mexico, Recento

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Riana