logo


Maroef Mengundurkan Diri, Menteri ESDM: Kami Tahu dari Media

Kementerian ESDM tidak ingin, pengganti Maroef adalah sosok yang bermasalah dengan hukum

20 Januari 2016 19:52 WIB

Sudirman Said, Menteri ESDM (Ist)
Sudirman Said, Menteri ESDM (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- PT Freeport Indonesia belum laporkan secara resmi pengunduran diri Maroef Sjamsuddin dari jabatannya sebagai Presiden Direktur. Bahkan, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengaku, pihaknya baru mendengar penguduran diri Maroef dari media bukan secara langsung dari Freeport Indonesia. 

"Kita mendengar dari media pergantian Chairman di Amerika Serikat sana. Kemudian belakangan Direktur Utama PT Freeport Indonesia mengundurkan diri. Dan sampai hari ini kami belum terima pemberitahuan secara tertulis‎," ungkap Sudirman, Rabu (20/1), di Kantor Direktur Jendral Ketenagalistrikan, Jakarta.

Meski begitu, Sudirman menilai, dirinya tetap menghormati ‎keputusan Maroef, karena hal tersebut dianggap masuk dalam koridor internal dan menjadi kebijakan korporasi. "Pemerintah menghormati keputusan korporasi," tegasnya.


Restrukturisasi Pertamina, Elia Massa: At The Right Place, At The Right Person

Ke depan, Sudirman berharap, pemerintah ikut dilibatkan dalam pmemilih Presiden Direktur Freeport yang baru. Sebab menurutnya, operasi Freeport masih berada di wilayah Indonesia. "Soal pergantian, setiap pergantian ada kewajiban untuk melaporkan. Bahkan direksinya harus melakukan persetujuan. Meskipun itu urusan korporasi, tapi kan yang dikelola adalah asetnya negara," ujarnya.

Harapan itu disampaikan Sudirman lantaran dirinya tak ingin, pejabat yang menduduki posisi Presdir Freeport merupakan orang yang bermasalah dari sisi hukum. Karena itu, Kementerian ESDM merasa memiliki hak untuk ikut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.

"Kita tidak ingin yang duduk adalah orang-orang bermasalah. Jadi, kami ada kewenangan untuk approval atau tidak. Selama ini tidak ada masalah, mudah-mudahan nanti juga begitu," pungkas Sudirman.

 

Pengembangan Limbah Pertanian untuk Energi Listrik Belum Bisa Dipraktikkan

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Christophorus Aji Saputro