logo


Tips Membuat Choco Lava yang Sanggup Melumerkan Hati

Ternyata untuk membuat choco lava ternyata tidak semudah yang kita kira lho

20 Januari 2016 16:38 WIB

Choco lava cake.
Choco lava cake.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menjelang sore hari, biasanya stamina tubuh sudah mulai mengendur akibat gempuran aktifitas padat yang dilakoni sejak tadi pagi. Guna mengembalikan mood Anda, sepertinya cemilan berbahan dasar coklat mampu melumerkan kepenatan Anda. Salah satu teman manis untuk dijadikan cemilan adalah choco lava. Kue coklat berbentuk bulat yang menggemaskan ini, ketika bagian tengahnya Anda koyak dengan sendok kecil akan mengeluarkan lelehan cokelat bak gunung yang memuntahkan lava-nya. Hmmm,, kebayangkan kelezatannya seperti apa?

Nah, untuk membuat choco lava ternyata tidak semudah yang kita kira lho. Menurut Chef Bakery, Iwan Romdoni, dari restoran Pique Nique bahan baku yang berkualitas sebenarnya kunci utama pembuatan kue ini berhasil.

"Karena dari bahan baku tersebut akan menghasilkan tekstur dan rasa yang lezat," tuturnya kepada Jitunews.com saat ditemui dikawasan Puri Kembangan, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.


Pono Gandeng UMKM, Resto, dan Kafe di Bulan Ramadan

Ia menambahkan, selain bahan baku, proses pencairan bahan seperti butter dan cokelatnya juga memiliki peranan. Menurutnya kedua bahan tersebut harus dalam keadaan benar-benar dingin sebelum nantinya dicampur dengan adonan lain seperti tepung terigu serta telur.

Ia juga menyarankan saat adonan diaduk dengan cara manual yakni menggunakan tangan, jangan terlalu keras melainkan perlahan saja. Hal ini bisa mempengaruhi kondisi cokelat dan butter yang akan berubah teksturnya menjadi lebih keras atau padat.

"Perlahan saja, biar tidak keras adonannya. Kalau kita mengaduk terlalu keras cokelatnya bisa tidak melt setelah dipanggang," terangnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, setelah adonannya siap. Pemanggangan hanya perlu dilakukan selama 6 menit dengan suhu oven sekitar 225° C.

Jangan Asal Pakai, Begini Cara Pilih Daging Sapi untuk Rendang: Lembut Namun Tidak Hancur

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah
 
×
×