logo


Lombok Barat Komitmen Jadi Sentra Kedelai

7 Juli 2014 17:29 WIB


LOMBOK BARAT, JITUNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat berkomitmen menjadi sentra produksi kedelai karena lahan produksi di daerah itu masih cukup luas dan faktor iklim yang cocok.

"Apabila Dompu sangat sukses di bidang jagung, tentu dengan dukungan kementerian dan provinsi Lombok Barat jadi sentra kedelai bisa diwujudkan," kata Bupati Lobar H Zaini Arony, di Lombok Barat, Senin (7/7).

Hal itu dikatakan pada acara pertemuan dengan jajaran Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Lombok Barat, terkait dengan perkembangan pelaksanaan program di sektor pertanian.

Khusus untuk kedelai, pihaknya sudah menyiapkan lahan tanam seluas 15 ribu hektare. Ada juga lahan tanam tambahan yang mencapai 500 hektare.

Upaya perluasan areal tanam sudah dilakukan. Baik untuk tanaman padi maupun palawija. Perluasan untuk padi mencapai 17 ribu hektare dan dalam setahun akan diperluas menjadi 34 ribu hektare.

"Nah kedelai juga demikian kedepannya," kata bupati.

Upaya memasyarakatkan petani membudidayakan kedelai dikarenakan kebutuhan lokal dan nasional akan komoditas itu masih sangat luar biasa. Bahkan, Indonesia masih mengimpor.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Lombok Barat Khairul Bachtiar menjelaskan, NTB ditetapkan sebagai salah satu sentra produksi kedelai nasional untuk mengejar target swasembada kedelai 2014. (ANT)

 

Menteri Koperasi dan UKM Minta Petani Garut Berkoperasi dan Produksi Komoditas Unggulan

Halaman: 
Penulis :
 
×
×