logo


Hasil Penelitian, 9 Tanaman Obat Ini Sejajar dengan Obat Modern

Obat bahan alam ini telah dibuktikan khasiat dan keamanannya berdasarkan uji klinik

18 Januari 2016 08:46 WIB

Pakar Pertanian UNS Solo, Prof. Bambang Pujiasmanto saat menunjukkan buku tanaman obat hasil penelitiannya, Senin (18/1). (Foto: Jitunews/Labib Zamani)
Pakar Pertanian UNS Solo, Prof. Bambang Pujiasmanto saat menunjukkan buku tanaman obat hasil penelitiannya, Senin (18/1). (Foto: Jitunews/Labib Zamani)

SOLO, JITUNEWS.COM - Pada umumnya tidak semua masyarakat mengetahui manfaat yang ada pada tanaman obat. Mereka mungkin lebih mengenal kegunaan daun saja. Padahal, tanaman obat ini hampir seluruhnya bisa dimanfaatkan, baik daun, batang, akar atau bunganya.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Pakar Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Prof. Bambang Pujiasmanto, tanaman obat unggulan Indonesia ditentukan ada sembilan. Mulai dari budidaya sampai uji klinik.

Adapun sembilan tanaman unggulan tersebut antara lain, daun salam, sambiloto, kunyit, temulawak, jati Belanda, cabe Jawa, mengkudu atau pace, jambu biji dan jahe merah. Semua tanaman obat ini memiliki khasiat yang bisa dijadikan sebagai obat bahan alam sejajar dengan obat modern atau fitofarmaka.

"Obat bahan alam yang telah dibuktikan khasiat dan keamanannya berdasarkan uji klinik adalah sejajar dengan obat modern," kata Bambang kepada JITUNEWS.COM, Senin (18/1).

Bambang menjelaskan, salam bagian daunnya memiliki khasiat untuk mengobati diabetes, imunomodulator dan antihipertensi. Sambiloto bagian tanamannya mampu mengobati antiinflamasi, antimikroba dan diabetes. Dan kunyit bagian rimpangnya berkhasiat menurunkan hepatoprotector, antiinflamasi, dan dyspepsia (gangguan pencernaan).

Kemudian temulawak bagian rimpang berkhasiat gangguan pencernaan, antiinflamasi. Jati Belanda bagian daun mampu menurunkan kolestrol dan diabetes. Cabe Jawa bagian buah berkhasiat sebagai anabolik dan androgenik. Mengkudu bagian buah mampu menghilangkan diabetes, antihipertensi dan imonomodulator. Jambu biji bagian daun untuk mengobati demam berdarah. Dan jahe merah berkhasiat untuk reumatik.

"Penelitian dilakukan dengan berkolaborasi beberapa institut dan perguruan tinggi. Diharapkan hasil penelitian ini akan meningkatkan pemanfaatan bahan obat alam dalam pelayanan kesehatan masyarakat," terangnya.

Dijelaskan Bambang, pengembangan pemanfaatan obat bahan alam dalam pelayanan kesehatan masyarakat membuka kesempatan kepada produsen untuk mengembangkan produknya ke arah fitofarmaka.

Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×