logo


Belum Ada Alokasi Bantuan Alsintan dari Kementan untuk Sumbar

Hingga pertengahan bulan Januari ini, belum ada pengalokasian bantuan Alsintan dari Kementerian Pertanian

16 Januari 2016 15:04 WIB

Bantuan Alsintan pertanian.(dok.pertanian)
Bantuan Alsintan pertanian.(dok.pertanian)

PADANG, JITUNEWS.COM - 100 ribu unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang akan diberikan oleh Kementerian Pertanian di tahun 2016 ini, ternyata Sumatera Barat (Sumbar) belum mendapat alokasi jumlah alsintan yang akan diporoleh.

Kepala Bidang Bina Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar, Syafrizal, mengatakan hingga pertengahan bulan Januari ini, belum ada pengalokasian bantuan Alsintan dari Kementerian Pertanian (Kementan).

"Di Sumbar sendiri banyak petani yang membutuhkan alat dan mesin pertanian itu, karena sebagian besar masyarakat di Sumbar ini menjadi petani," ujarnya, Sabtu (16/1).


Kementan: Pupuk 2020 Cukup

Namun ia menyebutkan, jika melihat pada tahun sebelumnya, permintaan alokasi bantuan Alsinta untuk Sumbar baru masuk pada pertengahan tahun. Ia berharap tahun ini bantuan yang dikatakan oleh Menteri Pertanian tersebut, bisa cepat tersalurkan untuk petani di Sumbar.

"Tidak tahu juga saya kenapa di Sumbar terlambat untuk mendapatkan bantuan Alsintan itu," katanya.

Syarizal menyebutkan, sementara itu untuk anggaran yang dimiliki oleh APBD Sumbar juga tidak ada mengalokasikan anggaran untuk bantuan pertanian.

"Jika bantuan Alsintan tidak segera datang ke Sumbar, maka di APBD Perubahan Sumbar 2016 akan diupayakan untuk dana bantuan pertanian," pungkasnya.

Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Halaman: 
Penulis : Muhammad Noli Hendra (KR), Tommy Ismaya
 
×
×