logo


Pembangkit Pertama Proyek 35 Ribu MW Telah Rampung

PLTG Gorontalo dengan kapasitas 4x25 MW akhirnya diuji coba hari ini, Jum'at (15/1/16).

15 Januari 2016 17:49 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pembangkit Pertama dalam mega proyek kelistrikan 35.000 megawatt (mw), Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gorontalo akhirnya diuji coba hari ini, Jum'at (15/1/16).

Direktur Bisnis PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) Tbk Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara, Machnizon Masri mengungkapkan, terhitung sejak ground breaking pada 19 September 2015 lalu, PLN telah berhasil membangun pembangkit dalam jangka waktu 4 bulan.

"Hari ini, telah berhasil melakukan uji coba tegangan untuk masuk ke dalam sistem kelistikan Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo). 4 bulan PLN bersama PT Pembangunan Perumahan (PP) berhasil merampungkan seluruh pengerjaan," ungkap Masri melalui keterangan tertulisnya kepada media, Sulawesi Tenggara, Jum’at (15/01).


Pertamina Targetkan Efisiensi Sektor Hulu Naik 30%

Dirinya mengklaim, pembangunan proyek PLTG Gorontalo 4x25 MW ini merupakan pembangkit listrik pertama yang berhasil rampung dalam mega Proyek 35.000 MW.

“Kami telah berhasil memasang 4 unit mesin pembangkit kapasitas 25 MW, dan hari ini kami juga telah menjalankan pengetesan panel dan trafo di Gardu Induk (GI) PLTG Gorontalo," ujar Masri.

Jika hasilnya tetap stabil, menurut Masri, maka pihaknya mengaku optimis proses untuk masuk ke sistem akan segera terealisasi dalam jangka waktu 24 jam ke depan.

Untuk saat ini, beban puncak di Sulawesi Utara, Nusa Tenggara dan Gorontalo (Suluttenggo), pada siang hari mencapai 325 MW. Sementara kemampuan pasokan hanya 320 MW. Khusus untuk Gorontalo, daya mampu hanya sekitar 50 MW, sementara beban puncak mencapai 80–85 MW.

“Dengan masuknya sistem PLTG Gorontalo ini, akan menjadi jawaban akan kurangnya listrik di wilayah Sulutenggo, khususnya Gorontalo dan mampu meningkatkan rasio elektrifikasi hingga 84,4 persen ” pungkas Masri.

Sementara itu, untuk tahap selanjutnya atau 2 unit mesin lainnya akan segera masuk sistem listrik Sulutgo akhir Februari 2016 mendatang.

Cepatnya pengerjaan proyek PLTG Gorontalo ini sebagai wujud nyata keseriusan PLN untuk mengejar target pembangunan tenaga listrik 35.000 MW yang menjadi program prioritas Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dalam bidang infrastruktur kelistrikan.

Insentif Bisa Tarik Investor Untuk Sukseskan Proyek 35.000 MW

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Deni Muhtarudin