logo


Ingin Lekas Dapat Momongan? Rutinlah Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini

Selain memeriksakan ke dokter kandungan hingga memprogram bayi tabung, ada baiknya coba atur konsumsi makanan

15 Januari 2016 15:19 WIB

Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kehadiran seorang anak di tengah keluarga memang kerap dinantikan oleh para pasangan yang telah menikah. Selain diharapkan bisa menjadi penerus keturunan, kelahiran seorang anak juga diyakini akan membawa warna baru bagi kehidupan. Bagi para pasangan yang sudah menikah dan belum mendapatkan keturunan, pasti akan menempuh berbagai cara untuk dapat memilikinya. Mulai dari memeriksakan diri kedokter kandungan hingga merencanakan program bayi tabung. 

Namun, selain dua hal tersebut ternyata faktor makanan juga mempengaruhi. Anda juga harus lebih memperhatikan makanan dan asupan nutrisi yang baik, demi menunjang kesuburan pasangan dan diri Anda sendiri. Mulai dari sekarang cobalah konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan dengan mengonsumsi makanan sehat sebagai penunjang makanan harian. Berikut ini,deretan daftar makanan sehat yang disinyalir bisa mempercepat masa kehamilan Anda. Apa saja?

1. Sayuran dan Buah


Berbuka dengan Teh Manis Hangat Sangat Disarankan, Ternyata Ini Alasannya

Kandungan antioksidan di dalam sayuran dan buah-buahan dapat menangkal radikal bebas yang bisa memberikan dampak buruk bagi sistem reproduksi. Untuk itu, mulai dari sekarang Anda harus biasakan diri untuk mengonsumsi sayuran dan buah organik. Meskipun terbilang harganya yang mahal, tapi sayuran dan buah organik bagus untuk dimakan karena proses penanamannya bebas dari pestisida.

2. Makanan yang Mengandung Asam Folat

Kentang, kacang split, olahan kedelai, tepung terigu, asparagus, kubis, kuning telur, brokoli, pisang dan lain sebagainya merupakan sederet makanan yang mengandung asam folat tinggi. Kandungan asam folat mampu merangsang sel telur yang cukup sehingga dapat mempercepat proses masa kehamilan, hingga bagus untuk dikonsumsi oleh para wanita karena dapat mempercepat masa kesuburan.

3. Makanan berserat

Metabolisme yang lancar dikarenakan sering mengonsumsi makanan berserat. Rutin mengonsumsi makanan berserat juga bagus untuk meningkatkan masa subur agar cepat terjadi kehamilan. Baiknya, saat masa subur Anda mengonsumsi makanan berserat ini, antara lain melon, gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, beras merah dan lain sebagainya.

4. Konsumsi makanan mengandung zat besi

Makanan yang mengandung zat besi dapat mempercepat proses kehamilan, karena secara tidak langsung bayi sangat membutuhkan banyak darah untuk proses perkembangannya. Berikut ini makanan yang kaya akan kandungan zat besinya dan tentu bagus untuk dikonsumsi, seperti roti, sereal daging merah, kacang-kacangan.

5. Telur dan tiram

Telur kaya akan kandungan protein dan zat kolin yang berfungsi sebagai penyubur kandungan. Kandungan omega 3 di dalam telur, sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan hormon progesteron wanita. Sedangkan tiram, bermanfaat dalam memproduksi hormon reproduksi dan meningkatkan kesuburan kandungan.

6. Produk olahan susu

Mengonsumsi segala macam olahan susu dapat membantu memproduksi hormon kesuburan seperti LH dan FSH. Produk olahan susu antara lain, yogurt, susu cair dan lain-lain.

Masih Punya Jamur Enoki di Rumah? Tak Perlu Dibuang, Begini Cara Aman Konsumsinya

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah