logo


Sembuhkan Luka Luar dengan Daun Pohon Yodium

Daun pohon yodium memiliki zat yang bersifat antibakteri dan anti pendarahan

15 Januari 2016 14:48 WIB

Daun yodium. (net)
Daun yodium. (net)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Apakah Anda mengetahui sosok pohon bernama yodium? Ya, pohon ini dikenal juga dengan nama pohon betadine, jarak Cina, jarak tintir, jarak gurita, dan balacai batai. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan merupakan tumbuhan tahunan.

Jatropha multifida L begitu nama latinnya disebut, memilki bentuk yang semak dengan akar tunggang, memiliki rasa yang pahit, bersifat netral serta dapat tumbuh hingga ketinggian 2 meter.

Tanaman yang satu ini memiliki kandungan alpha amirin, kampesterol, 7-alfa-diol , stigmaterol, beta sitosterol, dan HCN, dibatangnya mengandung  alkaloid, saponin , flavonoid, dan tannin.

Ditilik dari khasiatnya, pohon yodium memiliki zat yang bersifat antibakteri dan penggumpal darah yang berguna sebagai anti pendarahan. Artinya, tanaman ini sangat manjur dalam menyembuhkan luka luar.

Bagi Anda yang tertarik memanfaatkan pohon yodium sebagai obat herbal, caranya cukup mudah. Anda hanya cukup memetik selembar daun pohon yodium dan oleskan getah yang keluar dari ujung batangnya pada area yang terluka.

Agar lebih afdol, gunakan obat dari daun pohon yodium ini sesering mungkin. Meski akan terasa perih, namun dalam beberapa jam kemudian akan terbentuk jaringan kulit baru berwarna hitam yang menghindarkan luka terbuka dari kemungkinan terjadinya infeksi. Selanjutnya kulit hitam itu akan terkelupas, dan kulit tidak akan terkena infeksi. Luka tidak akan sempat berair atau bahkan bernanah dan sembuh dalam keadaan kering.

Biasanya, untuk luka kecil cukup satu sampai tiga kali penggunaan, luka akan sembuh dan tak akan makan waktu sampai seminggu.

Tertarik mencoba?

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana