logo


Khasiat Jempolan Jahe

American Association For Cancer Research menyatakan jahe berpotensi sebagai obat kanker usus

14 Januari 2016 10:23 WIB

Jahe. (foto: Shutterstock)
Jahe. (foto: Shutterstock)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Selain bisa menghangatkan tubuh ternyata jahe memiliki khasiat jitu lainnya, dan mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Riset terbaru Suzanna Zick, sebagaimana dirilis oleh American Association For Cancer Research menyatakan bahwa jahe berpotensi sebagai obat kanker usus.

Periset dari Michigan Medical School, Amerika Serikat itu menemukan zat antiinflamasi yang dapat mencegah timbulnya karsinogenesis atau pembentukan sel-sel kanker dari sel normal.

Itu menjadi penting karena gejala kanker usus adalah inflamasi yang terus-menerus terjadi sehingga mengakibatka polip usus. Dalam penelitian itu terbukti bahwa jahe mengurangi jumlah inflamasi di usus besar.

Menurut herbalis di Bintaro Tangerang Selatan, Banten, Lukas Tresno Adi, rimpang jahe berkhasiat antikanker. Ia kerap meresepkan air jahe untuk pasiennya terutama yang bergolongan darah AB agar terhindar dari kanker.

“Golongan darah AB lebih rentan terserang kanker daripada golongan darah lainnya,” ujar herbalis Alumnus Universitas Diponegoro itu.

Kanker usus terjadi karena kebiasaan makan makanan asam dan pedas yang dapat melukai lapisan perut sehingga bakteri dan virus mudah menyerang. Menurut Lukas, gejala awal kanker usus adalah buang air besar tidak normal dan tidak rutin karena peristlatik tidak sempurna.

“Seharusnya jam 05.00-07.00 pagi, pencernaan dikosongkan agar bersih sebelum dimasukan makanan lagi,” ujar Lukas.



Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Riana