logo


Pansus Tambang DPRD Jatim Gelar Jajak Pendapat Tambang Silo

Pansus Tambang tidak banyak berbuat mengawal kebijakan gubernur Jatim.

13 Januari 2016 17:44 WIB

Ketua Pansus Tambang DPRD Jatim, Achmad Hadinuddi. (Jitunews/Ari Setiawan)
Ketua Pansus Tambang DPRD Jatim, Achmad Hadinuddi. (Jitunews/Ari Setiawan)

SURABAYA JITUNEWS.COM Pansus Tambang DPRD Jawa Timur (Jatim) rencananya besok, Kamis (13/1) bakal menggelar jajak pendapat di Desa Silo Jember dengan masyarakat, terkait akan dilakukan penambangan emas di kawasan tersebut. 

Ketua Pansus Tambang DPRD Jatim, Achmad Hadinuddin mengatakan upaya pansus ini dilakukan karena sebagai masyarakat di sekitar lokasi tambang menolak adanya eksploitasi pertambangan, yang dikhawatirkan merusak hutan sebagai paru-paru Banyuwangi dan Jawa Timur. Bahkan, Dinas ESDM yang harusnya lebih ketat melakukan pengawasan, dinilai Pansus Tambang tidak banyak berbuat mengawal kebijakan gubernur Jatim.

"Munculnya penolakan warga sekitar tambang menjadi wajar. Sebab, peserta lelang yang mendaftar, salah satu perusahaan BUMN bernama PT Aneka Tambang (Antam) dinilai tidak banyak memberikan manfaat di lokasi tambang," jelasnya saat ditemui di Surabaya, Rabu (13/1).

Politisi asal Partai Gerindra ini mengatakan Pansus juga mendesak ESDM Pemprov Jatim lebih tegas melakukan pengawasan terhadap upaya eksploitasi yang merugikan lingkungan Sebab, selama ini panitia khusus melihat pihak ESDM yang mempuyai kewenangan terhadap perijinan pertambangan di Jawa Timur tidak memiliki gebrakan.

Jonan Ragukan Antam Kelola Tambang Bawah Tanah Freeport, Alasannya Ini

Halaman: 
Penulis : Ari Setiawan (KR), Syukron Fadillah