logo


Kiat Jitu Memulai Bisnis Sesuai Keinginan Anda

Usaha Anda akan lebih terasa menjanjikan dan menyenangkan bila sesuai dengan kepribadian Anda

12 Januari 2016 12:14 WIB

Ilustrasi.(dok.puasset)
Ilustrasi.(dok.puasset)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sudah pasti, memulai bisnis membutuhkan keberanian yang besar. Tapi jangan salah, setiap orang pasti mampu melakukannya. Asal Anda memiliki kemauan dan keyakinan yang kuat, usaha apa saja pasti bisa Anda lakukan. Namun, jangan tergesa-gesa, usaha Anda akan lebih terasa menjanjikan dan menyenangkan bila sesuai dengan kepribadian Anda. 

Untuk mencari peluang usaha, ada banyak jalan yang bisa Anda tempuh. Langkah yang paling mudah adalah berkunjung ke teman-teman atau rekan Anda yang telah memulai bisnis lebih awal. Ungkapkan kepada mereka mengenai keinginan Anda untuk mencari produk atau usaha tertentu.

Tanyakan pada mereka apa saja yang bisa mereka lakukan, bagaimana mereka memulai usaha atau bisnis, bagaimana rencana usahanya ke depan, bagaimana mereka menyiasati persaingan, mengelola resiko, serta menilai dan memenuhi kebutuhan pasar.

Jika Anda gemar membaca buku serta sering pergi ke toko buku, saat ini banyak sekali buku-buku berupa ide serta kiat-kiat untuk memilih dan memulai usaha. Begitu pula dengan surat kabar harian, disana sering memuat perkembangan peluang usaha yang tengah marak. 


Era New Normal, Ini Bisnis yang Patut Dilirik

Bagi Anda yang sering berpergian atau berjalan-jalan, baik di dalam atau ke luar kota, coba perhatikan tempat-tempat sepanjang perjalanan Anda. Pasti terdapat berbagai potensi usaha yang bisa dilihat, misalnya kerajinan, makanan atau minuman tradisional, dan sebagainya yang bisa menginspirasi Anda. Sekali waktu, coba luangkan waktu untuk bertukar pikiran dengan para pebisnis sukses.

Dari hasil observasi sementara yang Anda lakukan, tandai beberapa jenis peluang usaha yang sekiranya Anda minati. Buat daftar kelebihan dan kekurangan masing-masing peluang usaha. Pastikan usaha yang nantinya Anda pilih sesuai dengan minat, modal, SDM, aspek pemasaran, aspek produksi dan operasional, serta legalitasnya.

Cara Mudah Dapat Uang dari YouTube, Berikut Langkah-langkahnya

Halaman: 
Penulis : Suciati, Tommy Ismaya