logo


Awal Tahun, Beras Thailand Sebanyak 136 Ribu Ton Siap Masuk

Adanya stok beras tersebut berasal dari beras komersial, beras subsidi atau public service obligation (PSO)

7 Januari 2016 10:37 WIB

Ilustrasi beras (ist)
Ilustrasi beras (ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perum Bulog memastikan stok beras diawal tahun masi aman, pasalnya di awal tahun ini stok beras tanah air masih berada pada kisaran 1,2 juta ton dan jumlah tersebut masih aman untuk kebutuhan penyaluran hingga beberapa bulan ke depan.

Direktur Perdagangan Bulog, Wahyu memastikan bahwa adanya stok beras tersebut berasal dari beras komersial, beras subsidi atau public service obligation (PSO) dan juga impor.

"Khusus untuk beras impor sudah masuk sebayak 430.000 ton dari Vietnam dan segera menyusul beras impor dari Thailand sebanyak 136.000 ton," demikian kata Wahyu Suparyono melalui pesan singkat kepada Jitunews.com, Kamis (7/12).

Ia juga menargetkan sekitar 700 ribu hingga 800 ribu ton beras impor yang masuk ke Indonesia hingga batas akhir 20 Maret 2016.

Seperti yang kita ketahui Indonesia sudah meneken perjanjian impor beras dari Vietnam dan Thailand sebanyak 1,5 juta ton dan prosesnya hingga kini sudah berjalan dan beras-beras Impor tersebut sudah masuk ke Gudang Bulog.

"Langkah Impor ini dilakukan guna mengantisipasi prakiraan masa panen yang akan mundur dua bulan karena saat ini sebagian besar sentra pertanian mengalami kemunduran musim tanam padi akibat kekeringan," imbuhnya.

Jika Terus Impor Beras, Pengamat: Jokowi Bisa Kehilangan Suara Dukungan dari Petani!

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan