logo


6 Kategori Tanaman yang Berguna Sebagai Penghias di Rumah Anda

Sebelum memilih salah satu kategori tanaman berikut, pertimbangkan dengan matang kebutuhan dan kondisi rumah Anda

6 Januari 2016 18:43 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak bisa dipungkiri alasan banyak orang untuk menanami halaman rumah mereka dengan aneka jenis tanaman hias yang cantik dan berwarna warni, karena ingin membuat rumah mereka terlihat teduh dan asri. Maka tak ayal, atmosfir keindahan pun akan tercipta dengan sendirinya. Akan tetapi, ada baiknya sebelum Anda meletakkan tanaman hias tersebut, Anda harus paham jenis-jenis tanaman hias yang bagus untuk dijadikan aksen dekorasi sekaligus memberikan manfaat lain bagi para penghuni rumah. Berikut ini adalah enam kategori tanaman yang bisa juga dijadikan pilihan sebagai penghias. 

1. Tanaman pengharum

Agar udara di rumah Anda senantiasa terasa segar dan wangi, maka direkomendasikan untuk menanam tanaman berikut ini; Sedap Malam, Kua Hua, atau Kaca Piring. Dijamin Anda tak perlu repot untuk menyemprotkan pengharum ruangan di areal rumah.


Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

2. Tanaman rindang

Memang membutuhkan lahan yang agak luas untuk menanam tanaman sejenis trembesi, kersen, dan janda merana karena tanaman tersebut memiliki dahan dan akar yang cukup besar. Tanaman ini memang disarankan ditanam di halaman depan atau belakang rumah untuk membuat rumah Anda senantiasa teduh dan terkesan adem.

3. Tanaman yang tidak disukai serangga

Serangga seperti nyamuk memang kerap membuat Anda pusing untuk membasminya. Segala cara akan Anda tempuh, mulai dari menjaga kebersihan areal rumah hingga menyemprotkan cairan khusus anti serangga. Namun, penggunaan cairan ini dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan gangguan kesehatan dikemudian hari. Untuk itu, cobalah menanami tanaman hias seperti Geranium, Sereh, atau lavender yang terbukti ampuh sebagai tanaman pembasmi serangga alami.

4. Tanaman herbal

Ukuran yang digunakan untuk menanam tanaman herbal tidaklah besar. Untuk itu, Anda bisa menanam aneka jenis tanaman herbal seperti kunyit, temu kunci, kencur, hingga lengkuas. Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan, tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bumbu dapur Anda.

5. Tanaman penyerap polusi

Sudah tak dapat disanggah kalau deretan nama tanaman hias berikut ini, seperti Sanseviera, Philodendron, Ivy, Chrysanthemum, Sirih Belanda sangat berguna untuk menyerap polusi yang ada di udara. Manfaat yang bisa Anda rasakan adalah rumah akan terlihat akan sekaligus segar.

6. Tanaman anti bising

Jika rumah Anda terletak pinggir di jalan raya, sudah dipastikan akan selalu mendengar deru knalpot dari kendaraan yang lalu lalang. Untuk mengatasinya, cobalah tanami rumah Anda dengan Bambu Jepang atau Dolar (Ficus pumila). Kedua jenis tanaman hias ini terbukti ampuh meredam suara bising dari luar rumah.

Ternyata Hewan 'Penghisap Darah' Manusia Ini Takut dengan Bunga Mungil yang Indah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah