logo


Kejar Swasembada, Ini Skala Prioritas Mentan di Tahun 2016

Tahun depan sektor pangan RI bakal meningkat

6 Januari 2016 18:31 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, memastikan bahwa dalam kerangka kerja tahun 2016, Kementerian Pertanian(Kementan) sudah membuat skala prioritas. Pasalnya, dengan adanya skala prioritas tersebut, target pencapaian swasembada pangan bisa berjalan maksimal. 

"Kerja itu harus ada skala prioritas dan itu yang akan kita lakukan ke depan," demikian ungkap Mentan Amran, Rabu (6/1), saat melakukan sidak beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur.

Lebih lanjut, Mentan Amran pun memastikan bahwa dengan adanya skala prioritas itu, fokus kerja Kementan menjadi jelas, dan capaian programnya bisa dimaksimalkan. Sejumlah skala prioritas yang akan dilakukan Kementan di 2016, jelas Mentan Amran, adanya upaya cetak sawah baru 200 ribu hektar di seluruh wilayah Indonesia. Yang kedua, lanjutnya, ada penambahan jumlah alat dan mesin pertanian (alsintan) sebanyak 100 ribu unit. 


Mendag: Tidak Ada Alasan Harga Pangan Naik!

"Kemudian pengadaan sapi indukan akan diprioritaskan. Lalu pembuatan embung juga akan ditingkatkan anggarannya hingga Rp 400 miliar. Selain itu, penyaluran dan pupuk di percepat," tambah Mentan Amran.

Dari beragam skala prioritas itu, Mentan Amran berharap, agar sejumlah skala prioritas tersebut di tahun ini bisa berjalan maksimal. "Kita akan optimalkan pada semua skala prioritas itu. InsyaAllah tahun depan sektor pangan kita mengalami peningkatan," pungkasnya.

Tiga Pilar Utama Pemerintah Sukseskan Upaya Perang Melawan IUU Fishing

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro