logo


Sakit Kepala Menghambat Aktivitas Anda? Daun Pepermint Solusinya...

Riset : Pepermint bisa meredakan pening 15 menit setelah minyak dioleskan ke dahi

6 Januari 2016 16:24 WIB

Daun pepermint. (Ist)
Daun pepermint. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Seperti tanaman mint lainnya, pepermint memiliki daun dengan bentuk gerigi di tepinya. Pepermint yang banyak kita jumpai sekarang adalah hasil persilangan antara watermint and spearmint yang banyak digunakan sebagai penambah rasa dari permen, perasa teh, perasa pasta gigi dan obat kumur.

Selama beberapa dekade, pepermint juga banyak digunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati  masalah pencernaan, mual, kolera, pilek, kram dan kembung.

Pada abad ke-19, daun pepermint yang ditumbuk biasa dioleskan ke dada penderita batuk rejan. Pada masyarakat di masa itu, cara ini bisa meringankan penderitaan akibat batuk rejan. Anda pun bisa mencoba memanfaatkan pepermint untuk berbagai keperluan, seperti mengobati batuk dan flu serta meredakan sakit kepala.

Selain itu, minum obat batuk dan flu yang mengandung pepermint sesuai anjuran dan mengkonsumsi teh pepermint sebanyak dua sampai tiga kali sehari dapat meredakan batuk serta flu yang Anda derita.

Pepermint dapat menstimulasi saraf di hidung dan saluran pernapasan atas sehingga menjadi lebih lega.
Namun ingat, jangan sesekali mempraktikkan terapi pepermint kepada bayi dan balita atau mengoleskan minyak pepermint ke wajah mereka karena dikhawatirkan bisa menyebabkan mereka sulit bernapas.

Selain itu, pepermint juga mampu meredakan sakit kepala yang sangat menggangu. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengusapkan beberapa tetes minyak pepermint 10 persen yang telah dicampur dengan 90 persen alkohol.

Hal tersebut dikuatkan dalam sebuah penelitian pada  1996 oleh para peneliti dari Christian-Albrechts University di Kiel, Jerman, yang membuktikan bahwa pepermint bisa meredakan pening 15 menit setelah minyak dioleskan ke dahi, juga menjauhkan sakit kepala selama satu jam (setelah mengaplikasikan minyak pepermin ke dahi).

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana