logo


Gandeng BNN, TNI AU Cek Urine Crew Pesawat di Lanud Abdul Rachman Saleh

Tes urine yang dilakukan saat ini bertujuan untuk pengecekan secara dini bagi para penerbang beserta crew-nya

4 Januari 2016 16:35 WIB


MALANG, JITUNEWS.COM - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Malang bekerjasama dengan Rumah Sakit Lanud Abdul Rachman Saleh, Polres Malang dan Dishub Bandara Abdul Rachman Saleh, hari ini Senin (4/1) menggelar test urine bagi penerbang dan crew pesawat sejumlah maskapai penerbangan seperti Sriwijaya, Garuda, Batik Air, Citilink dan Wings Air yang mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh Malang.

Komandan Lanud Abdul Rachman Saleh Marsma TNI Djoko Senoputro, didampingi Kepala Rumah Sakit Lanud Abdul Rachman Saleh Letkol Ari Putriani, beserta anggotanya memantau langsung pelaksanaan tes urine tersebut. 

Menurutnya, tes urine yang dilakukan saat ini bertujuan untuk pengecekan secara dini bagi para penerbang beserta crew-nya dalam mengamankan keselamatan penerbangan terhadap crew pesawat sipil dan menciptakan penerbangan bebas narkoba.

"Test urine seperti ini akan dilakukan berkesinambungan dan melihat situasinya, targetnya menciptakan rasa aman penerbangan. Sebab, orang yang menggunakan narkoba membahayakan penerbangan," ujar Marsma TNI Djoko Senoputro, Senin (4/1).

Pemeriksaan test urine terhadap para penerbang dan crew pesawat dilakukan pada pukul 10.00 WIB terhadap 9 orang personel dari lima maskapai penerbangan. Dari pemeriksaan hasil tes urine tersebut tidak ditemukan adanya pengguna narkoba. Seluruh Personil baik Pilot, Copilot dan crew dinyatakan negatif narkoba.

Menko PMK Sebut Sumut Jadi Daerah Pecandu Narkoba Terbesar di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan
 
×
×