logo


Belum Panen, Pasokan Bunga Hias di Solo Alami Penurunan

Penurunan pasokan bunga hias tersebut sudah dirasakan pedagang sejak sepekan terakhir

2 Januari 2016 14:04 WIB

Ilustrasi pedangang bunga hias. (Foto : antara)
Ilustrasi pedangang bunga hias. (Foto : antara)

SOLO, JITUNEWS.COM - Pasokan bunga hias di sejumlah pasar tradisional di Solo, Jawa Tengah, mengalami penurunan. Penurunan ini terjadi karena petani bunga hias di beberapa daerah pemasok banyak yang belum panen. Demikian disampaikan salah seorang pedagang bunga hias Pasar Gede Solo, Jumino, ketika ditemui JITUNEWS.COM, Sabtu (2/1).

"Pasokan bunga saat ini sedang menurun. Biasanya, hari biasa itu bisa mencapai dua truk, sekarang hanya satu truk dan itu nggak penuh," keluh Jumino.

Menurut Jumino, penurunan pasokan tersebut sudah dirasakannya sejak sepekan terakhir. Akibat penurunan tersebut, terpaksa harga bunga hias yang sebelumnya normal, kini mengalami kenaikan. Adapun bunga hias yang selama ini ia jual, antara lain sedap malam, krisan, dan garbera. Ketiga bunga tersebut merupakan yang paling ramai dicari masyarakat.

"Kebanyakan untuk dekorasi event pernikahan dan ucapan selamat," ucapnya.

Dia menyebutkan, bunga sedap malam biasanya dijual dengan harga Rp 30.000 per ikat, sejak pasokan menurun dijual dengan harga Rp 40.000 per ikat. Bunga-bunga hias yang dijualnya itu didatangkan langsung dari Ambarawa, Bandunga, Semarang dan Malang, Jawa Timur.

"Penurunan juga karena kemarau beberapa bulan lalu, sehingga banyak petani bunga yang tidak bisa panen," tutur dia.

Penurunan pasokan ini juga dirasakan pedagang bunga hias Pasar Kembang, Solo, Sri. Menurut Sri, adanya penurunan pasokan tersebut harga mawar mengalami kenaikan hingga 50 persen atau sekitar Rp 100 ribu.

"Kebanyakan mereka yang membeli mawar ini untuk acara pernikahan," tambahnya.

Kendati mengalami penurunan pasokan, Sri mengaku tidak terganggu. Selama ini pasokan bunga hias didatangkan langsung dari daerah Ambarawa. (Labib Zamani)

Tertarik Budidaya Bunga Potong Hortensia? Ikuti Langkah Ini

Halaman: 
Penulis : Riana