logo


Pakar Ekonomi Unisri: Sektor Perekonomian Indonesia Siap Hadapi MEA

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5 persen dari negara tetangga yang hanya di bawah 5 persen

2 Januari 2016 11:29 WIB


SOLO, JITUNEWS.COM – Pakar Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Suharno, menilai sektor perekonomian Indonesia siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016. Kesiapan itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5 persen dari negara tetangga yang hanya di bawah 5 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia ini cukup bagus jika dibandingkan dengan negara tetangga. Artinya, sektor perekonomian Indonesia siap menghadapi MEA,” kata Suharno ketika dihubungi JITUNEWS.COM, Sabtu (2/1).

Selain pertumbuhan ekonomi yang meningkat, lanjut Suharno, paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampu mendukung pemberdayaan sektor riil. Sehingga mampu membuat perusahaan Indonesia bersaing dengan perusahaan negara lain.

“Begitu juga dengan aspek SDM (Sumber Daya Manusia), tenaga ahli, dan SDA (Sumber Daya Alam) dan ekonomi kreatif. Keberadaan ekonomi kreatif ini bisa mendukung keberlangsung Indonesia dalam menghadapi MEA,” beber lelaki yang juga Kepala Humas Unisri ini.

Dijelaskan Suharno, tenaga ahli Indonesia pun sebagian besar sudah tersertifikasi. Seperti perawat, guru, bidan, akuntan maupun yang lainnya. Dengan demikian, keterlibatan Indonesia dalam ASEAN Economic Community (AEC) sudah benar-benar dipersiapkan.

Meski demikian, kata Suharno, untuk sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih perlu diperhatikan. Peranan UMKM dalam perekonomian nasional diakui sangat besar. Hal ini karena keberadaan UMKM ini mampu menciptakan lapangan kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi pedesaan dan sebagi penggerak peningkatan ekspor manufaktur atau non migas.

“Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan kemudahan modal usaha bagi para UMKM ini. Modal usaha dan bunga rendah ini sangat membantu mereka dalam meningkatkan hasil produksi,” tuturnya. (Labib Zamani)

Agen Wisata Joy Tour Dibobol Maling, Barang Senilai Ratusan Juta Rupiah Raib

Halaman: 
Penulis : Riana