logo


Ambil Alih Blok Mahakam, Mulai Hari Ini Pertamina Lakukan Persiapan

Pertamina dapat segera memulai segala kegiatan dalam rangka persiapan guna menjadi operator selama 20 tahun

29 Desember 2015 17:47 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Hulu Mahakam dan PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ) akhirnya menandatangani kontrak kerjasama (KKS) pengelolaan Wilayah Kerja (WK) Mahakam dan perpanjangan KKS.

Penandatanganan masing-masing pimpinan perusahaan dilakukan dengan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, dan disaksikan secara langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Dengan ditandatanganinya WK Mahakam ini maka Pertamina dapat segera memulai segala kegiatan dalam rangka persiapan guna menjadi operator selama 20 tahun kedepan dimulai pada 1 Januari 2018.

"Selanjutnya, Pertamina dapat bermitra dengan kontraktor saat ini, yaitu Total E&P Indonesie dan INPEX dengan total pengalihan PI maksimal 30%," ujar Sudirman di Hotel Darmawangsa, Jakarta, Selasa (29/12).

Sementara itu, pada kesempatan yang sama PHE ONWJ juga menandatangani perpanjangan KKS pengelolaan WK ONWJ yang akan habis masa berlakunya pada 18 Januari 2017. Kontrak tersebut diperpanjang hingga tahun 2037.

"Pertamina menyambut positif perpanjangan kontrak ini sehingga rencana-rencana pengembangan di masa mendatang dapat ditindaklanjuti demi kelangsungan produksi WK ONWJ," jelas VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro.

Hingga akhir tahun 2015, produksi PHE ONWJ diproyeksikan mampu mencapai tingkat produksi minyak 40 ribu barel per hari dan produksi gas sebesar 178 juta kaki kubik per hari.

SPBU Daan Mogot dan Kamal Beroperasi, Pertamina Tahap Akhir Persiapkan SPBU Lain

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Vicky Anggriawan