logo


Tips Jitu Merawat Indoor Plant

Coba tanam tanaman yang mudah terlebih dulu, sebelum beranjak ke tanaman lain

29 Desember 2015 12:53 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman hias yang layak menyandang gelar tanaman hias indoor haruslah memiliki kriteria seperti tahan pada temperatur ruangan, tahan terhadap kelembaban yang rendah, asupan sinar matahari yang kurang serta tahan terhadap aliran hawa yang sedikit serta juga harus dapat sesuai dengan ruangan ber-AC. Karena tanaman hias bukan hanya berfungsi sebagai tanaman yang bisa mempercantik tampilan rumah, juga membawa efek positif seperti menyehatkan untuk penghuni rumah.

Jika Anda tertarik untuk menanam indoor plant, cobalah untuk menanam tanaman yang mudah terlebih dulu, sebelum beranjak ke tanaman yang membutuhkan tingkat perawatan yang lebih. Gunakan media tanam yang memiliki faktor porous, yang bisa menahan sedikit air. Anda bisa menggunakan media tanam yang ideal seperti sekam bakar, pakis yang dicacah, cocopeat, yang terpenting adalah memilih media tanam yang sesuai dengan tipe tanaman hiasnya. Jangan lupa humus daun yang sudah diolah juga sebuah kebutuhan.

Hindari tanaman hias berikut meskipun terbilang populer, misalnya anggrek bulan yang dikenal sebagai tanaman yang rewel, karena sulit untuk tumbuh jika tidak mendapat penanganan secara serius. Kemudian palem, bunga lili, aunthurium, sirih gading dan bunga Andong.


Selain Jadi Tanaman Hias, Lidah Buaya Bisa Jadi Makanan dan Obat Lho!

Hal kedua adalah masalah perawatan yang harus Anda perhatikan adalah permukaan daunnya. Usahakan dilap menggunakan kain yang lembut dan dipercikan dengan susu cair agar tampilan daun tetap terlihat mengkilap dan bisa juga membuat tanaman bernafas karena pori-pori daun tidak tersumbat lagi oleh debu. Letakkan juga tanaman di luar ruangan beberapa jam di pagi hari dengan rutin agar terkena asupan cahaya matahari.

5 Tanaman Ruangan Tren 2018 untuk Rumahmu, Tengok Yuk!

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah