logo


Catatan Akhir Tahun Pemerintahan Jokowi-JK Versi Gerindra

Selama pemerintahan Presiden Jokowi tidak memberi kesejahteraan rakyat

28 Desember 2015 13:41 WIB

Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. (Foto: Ist)
Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. (Foto: Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi VII asal Fraksi Gerindra Mohammad Nizar Zahro memiliki penilaian sendiri tentang satu tahun kinerja Pemerintah Jokowi-JK. Ia manamakan catatannya tersebut dengan ungkapan 'Refleksi Pemerintahan Jokowi-Jk Selama Satu Tahun'.

"Apakah kinerja Jokowi-JK dapat menyentuh masyarakat menengah kebawah atau tidak? Selama pemerintahan Presiden Jokowi tidak memberi kesejahteraan rakyat, maka saya menilai pemerintahan Jokowi-JK kurang maksimal dan efektif," sebut Nizar melalui pesan singkatnya, Senin (28/12).

"Karena perekonomian Indonesia yang semakin menurun dibanding dengan tahun sebelumnya, saya pun mempunyai penilaian sendiri," lanjutnya.

Dalam catatan yang diakui Nizar, bahwa masih banyak program Kabinet Kerja yang belum berjalan ataupun terlaksana dengan baik. Khususnya bagi mereka masyarakat menengah kebawah.

Ia mengingatkan, agar kinerja pemerintah haruslah bijaksana dengan mempertimbangkan banyak hal

"Terpenting dalam menilai sesuatu kinerja pemerintahan Jokowi harus bijaksana jangan hanya menampilkan satu sisi saja tapi kedua sisi harus ditampilkan juga," ingatnya.

Zahro mengakui, bahwa program pemerintahan Jokowi -JK selama satu tahun ini masihlah stagnan dengan kualitas koordinasi antar kabinet yang lemah.

"Dengan mengamati secara seksama tentang kinerja yang belum terlaksana karena kendala atau ada faktor tertentu, atau programnya sulit terlaksana," lanjut politisi Gerindra itu.

Meski begitu, Nizar tidak memungkiri bahwa Kabinet Kerja Jokowi-JK baik untuk urusan pada sektor kelautan dan perikanan. Serta juga sektor pelayanan kesehatan dan fasilitas umum atau infrastruktur.

"Namun masih ada beberapa sektor yang bisa dikatakan lebih baik dari pada pemerintahan sebelumnya (SBY-Boediono),  dari sektor kelautan dan perikanan. Serta sektor pelayanan kesehatan dan fasilitas umum atau infrastruktur," sebut Nizar.

Fadli Zon Sebut Pemimpin Plonga-plongo, Politikus Demokrat: Kesuksesan PSBB Adalah Pemerintah Daerah

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Vicky Anggriawan