logo


Amankan Natal, Ketum PBNU: Banser Siap Membantu

Hal tersebut menurut Said Aqil Siradj sudah dilakukan semenjak zaman kepemimpinan Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

24 Desember 2015 10:39 WIB

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj (ISTIMEWA)
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj (ISTIMEWA)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dalam rangka membantu mengamankan Hari Raya Natal, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengungkapkan, Barisan Serbaguna (Banser) NU akan ikut mengamankan perayaan natal bersama dengan kepolisian.
"Sejak zaman Gus Dur, kami sudah melakukan kegiatan tersebut. Agar menunjukkan Islam yang sebenarnya, yang toleran," ungkap Said Aqil kepada wartawan saat ditemui di Kantor PBNU baru-baru ini, Jakarta.
Terkait status siaga satu kondisi darurat terorisme dan radikalisme, Said Aqil menyebutkan, NU satu pemikiran dengan pihak kepolisian. Oleh karena itu, Ia meyakini bahwa pihak kepolisian mampu mengamankan keadaan saat perayaan Natal nanti.
"Kabarnya ISIS sudah berencana 2017 menguasai Indonesia, maka harus disiapkan di segala tempat keramaian, seperti di pusat perbelanjaan dan tempat lain," ujarnya.
Seperti di ketahui, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siap mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru melalui Operasi Lilin Terpadu 2015. Operasi ini akan melibatkan 80.197 personel yang terdiri dari personil Markas Besar (Mabes) Polri sebanyak 705 dan Kepolisian Daerah (Polda) sebanyak 79.492 dalam Operasi Lilin tahun ini. Sebanyak 80.197 personel Polri tersebut akan dikerahkan ke seluruh wilayah Indonesia.
Kekuatan POlri ini juga akan dibantu oleh pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari berbagai kesatuan, sebanyak 20.681 dan instansi terkait sebanyak 49.670 yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Perlindungan Masyarakat (linmas), dan Pemadam Kebakaran (PMK). Sehingga total kekuatan personel pengamanan menjadi 150.548 personel.

PBNU Usul RUU HIP Diganti RUU BPIP, Begini Tanggapan MPR

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin