logo


Beberapa Jenis Tanaman Hias Yang Cantik Namun Minim Perawatan

Anda tertarik merawat tanaman hias namun tidak ingin repot? Milikilah salah satunya!

23 Desember 2015 16:32 WIB

Bunga kembang sepatu. (Foto: Ist)
Bunga kembang sepatu. (Foto: Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman hias memiliki keindahan yang begitu menyirap pandangan mata. Terutama dengan kehadiran bunganya yang memiliki warna yang begitu cantik, elegan dan bentuknya yang beraneka rupa. Selain itu, faktor yang mendorong penghobi untuk menyukai tanaman hias untuk ditanam adalah cara perawatannya yang tidak terlalu sulit dan cenderung mudah. 

Bagi Anda yang tertarik untuk merawat tanaman hias bunga, namun tidak ingin direpotkan dengan perawatannya. Berikut ini sederet nama tanaman hias yang memenuhi dua persyaratan tersebut,yang pastinya bisa menjadi rekomendasi pilihan untuk ditanam. Yuk, simak ulasannya!

1. Asoka


Indah dan Segar jika Tanam Bunga Ini!!

Tanaman yang memiliki sebutan flame of the wood atau api dari hutan ini memang pantas disandang oleh Asoka, karena warna bunganya sangat cerah begitu mencolok bak api yang menjilat. Tanaman yang memiliki nama latin Saraca Indica ini begitu dianggap suci oleh agama Hindu. Menariknya, pada bulan April dan Mei disetiap malamnya, tanaman ini akan mengeluarkan aroma harum. Pantas saja, tanaman ini juga sering di maknai sebagai tanaman cinta dan kesucian. Untuk pertumbuhannya, tanaman ini akan berbunga saat musim penghujan, dan biasanya bunga yang bermekaran akan tahan selama 3 hingga 4 bulan. Dari segi perawatannya pun, tidaklah harus penanganan yang khusus, karena cukup di pupuk sekali selama tiga bulan. Bagi Anda yang ingin memperbanyak tanaman Asoka, bisa dilakukan dengan metode pencangkokan atau melalui biji langsung.

2. Alamanda

Tanaman yang umum dijadikan hiasan rumah adalah Alamanda. Tanaman cantik ini berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan, dan kerap disebut sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning atau bunga buttercup. Alamanda sangat cocok ditanam di Indonesia, karena iklim yang tepat untuk menyokong pertumbuhannya ada di daerah beriklim tropis. Sebagai info, bagi Anda yang tertarik untuk menanam tanaman ini, media tanam yang dibutuhkan adalah tanah yang berpasir, kaya akan bahan organik serta beraerasi dengan baik.

3. Kemuning

Di halaman rumah Gadang di Minangkabau, tanaman ini kerap ditanam. Ya, tanaman yang dimaksud adalah pemilik nama latin Murraya Paniculata atau Kemuning. Tumbuhan tropis berwarna putih ini dapat berbunga sepanjang tahun dan berbau harum. Untuk pertumbuhannya, cukup diletakkan di wilayah yang disinari panas matahari yang cukup.

4. Kembang Sepatu

Tanaman hias yang memiliki warna bunga yang merah menyala dan bentuknya yang besar sudah tidak asing lagi dimata para penghobiis tanaman,karena kerap ditemukan di halaman rumah sebagai penghias. Kenapa? karena tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Berbading terbalik dengan namanya, kembang sepatu merupakan contoh bunga yang sempurna versi pelajaran Biologi karena memiliki semua organ biologis pada bunga. Tanaman yang memiliki nama latin Hibiscus rosa-sinensis ini juga memiliki warna bunga yang beraneka ragam, antara lain kuning, merah tua atau merah jambu. Untuk pengembangannya, karena kembang sepatu tidak memiliki buah maka digunakan dengan cara stek, cangkok atau penempelan.

Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah