logo


Jual Produk Pangan Ilegal, BPOM: Siap-siap ke Jalur Hukum!

Temuan produk pangan ilegal di tahun 2015 oleh BPOM meningkat signifikan

22 Desember 2015 12:15 WIB

Ilustrasi penjualan mie instan. (Ist)
Ilustrasi penjualan mie instan. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Hasil temuan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada tahun 2015 mengalami peningkatan jumlah yang cukup signifikan, terutama pada produk pangan ilegal. Baik itu produk pangan tanpa izin edar, kedaluarsa, ataupun produk pangan dalam kondisi rusak (kemasan).

Dari temuan-temuan tersebut, Kepala BPOM, Roy Sparingga, memastikan, akan ada langkah hukum yang bakal ditempuh BPOM terkait dengan sejumlah barang pangan ilegal tersebut. "Yang pasti, langkah selanjutnya yang akan ditempuh dari hasil temuan ini, adalah langkah hukum," tegasnya, Selasa (22/12), dalam konferensi pers di kantor BPOM, Jakarta.

Dijelaskan Roy, sejumlah produk pangan ilegal hasil sitaan BPOM telah dimusnahkan. Dan untuk ke depannya, ia meminta agar masyarakat lebih waspada dan teliti ketika memilih dan membeli produk makanan dan minuman yang beredar di pasaran. "Apalagi, menyambut Natal dan Tahun Baru seperti sekarang ini,"  ungkapnya.

Untuk diketahui, jenis produk pangan kedaluarsa yang paling banyak ditemukan oleh BPOM adalah mie instan, susu kental manis, bumbu, teh, minuman serbuk, dan makanan ringan. Beragam produk makanan dan minuman tersebut paling banyak disita dari kota Kupang, Makassar, Jayapura, Monokuari, dan Sofifi.


Kementan Dorong Papua Barat Berdaulat Pangan

Sementara untuk temuan produk pangan tanpa izin edar (TIE), didominasi oleh minuman serbuk, minuman alkohol, dan permen asal Malaysia, Thailand dan USA. Produk-produk tersebut banyak ditemukan di kota Medan, Pekanbaru, Batam, dan Bandung. 

"Kalau untuk produk pangan rusak (kemasan) berupa mie instan, minuman ringan, minuman serbuk, susu steril UHT, Susu kental manis, dan ikan dalam kaleng. Produk-produk itu banyak ditemukan di Makassar, Mataram, dan Monokwari," pungkas Roy.

Menko PMK Tekankan Pentingnya Mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro