logo


India Serius Manfaatkan Energi Bersih, Indonesia Kapan?

Pemerintah India memiliki perencanaan program yang jelas terukur, juga strategi jangka panjang

20 Desember 2015 17:25 WIB

Diskusi
Diskusi "Energi Kita" (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah India serius memanfaatkan clean energy atau energi bersih. Mereka punya target 300 ribu megawatt dari energi baru terbarukan. "Memang itu retorika India, tapi mereka tampak serius mengerjakan. Energi baru terbarukan di India memang luar biasa. Kenapa kita tidak bisa?" tanya Direktur Eksekutif IESR, Fabby Tumiwa, Minggu (20/12), dalam diskusi di kantor Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Apa yang membuat pemerintah India seakan bisa melakukan targetnya, kata Fabby, itu disebabkan oleh keseriusan pemerintah India sendiri, dengan adanya perencanaan program yang jelas terukur, juga strategi jangka panjang.

"Yang kemudian didukung oleh lembaga riset dan inovasi dalam negeri mereka. Mereka juga sukses mengembangkan industri dalam negeri mereka dalam sepuluh tahun terakhir," ujar Fabby.

Indonesia sendiri memiliki tantangan berbeda dengan India. Indonesia tidak bisa memenuhi pemanfaatan energi baru terbarukan sebagaimana dilakukan pemerintah India. "Untuk memenuhi 10 hingga 20 tahun kebutuhan energi yang akan datang saja, tidak bisa dengan cara biasa yang kita lakukan. Tantangan kebutuhan energi sedemikian besar. Target 35 ribu MW ini belum tentu tercapai dengan cara kita seperti ini," tandas Fabby.


Restrukturisasi Pertamina, Elia Massa: At The Right Place, At The Right Person

Pengembangan Limbah Pertanian untuk Energi Listrik Belum Bisa Dipraktikkan

Halaman: 
Penulis : Hizbul Ridho, Christophorus Aji Saputro