logo


Inovasi Anyar! Emping dari Petai

Emping biasanya berbahan dasar melinjo

19 Desember 2015 12:25 WIB

Petai (Ist)
Petai (Ist)

SOLO, JITUNEWS.COM- Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Jawa Tengah, berhasil mengolah petai menjadi makanan bernilai tinggi. Adalah Fisca Rizkia Safitri, Elox Yuniar Rahmawati, dan Umi Latifah. Ketiga mahasiswa Peraih Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2015 itu menyulap petai menjadi emping.

Menurut Ketua kelompok PKM, Fisca Rizkia Safitri, alasan mengolah petai menjadi emping karena masih banyak masyarakat yang tidak suka dengan bau yang ditimbulkan petai ketika dimakan. Sehingga, untuk membudayakan kepada masyarakat agar mau makan petai, kemudian diolah menjadi emping.

"Karena bau yang ditimbulkan dari petai, sebagian masyarakat enggan makan petai. Padahal, petai memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh," terang Frisca, ketika ditemui jitunews, belum lama ini di UMS.


Bali Bakal Menggelar Festival Manggis, Catat Tanggal Mainnya Ya!

Frisca juga mengatakan, proses pengolahan petai menjadi camilan tersebut dibantu oleh kedua temannya, serta bimbingan dari sang dosen. Bahkan, mahasiswa semester tiga ini, terus melakukan percobaan hingga akhirnya proposal tentang pembuatan emping petai yang mereka ajukan, disetujui sebagai peraih dana PKM dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) tahun 2015. "Petai merupakan peluang usaha yang bisa dikembangkan masyarakat. Belum banyak masyarakat yang mau mengembangkan atau mengolah pete menjadi camilan," tambahnya.

Selain itu, diakui Frisca, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada masyarakat di Desa Brokos, Boyolali, terkait inovasi petai tersebut. "Kenapa pusatkan di sana? Karena masyarakat Desa Brokos merupakan salah satu penghasil petai di Boyolali. Selain dijual di pasar, petai bisa mereka olah menjadi emping," ungkapnya.

"Ini menjadi salah satu upaya peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di sana. Selain dapat penghasilan dari penjualan pete, juga dapat penghasilan tambahan dari emping pete yang mereka buat sendiri. emping pete ini dijual dengan harga Rp 15.000 per ons," tukas Frisca menambahkan. (Labib Zamani)

Ini Penyebab Sayuran Organik Berbentuk ‘Tak Sempurna’

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro