logo


Sinergitas Antar BUMN, LKBN ANTARA Gandeng 3 BUMN

Sinergi ini sekaligus untuk menjalankan amanat Kementerian BUMN

17 Desember 2015 23:04 WIB


To support the synergy amongst the State Owned Enterprises (SOEs), during the anniversary of Antara, Antara signed a memorandum of understanding with Perum (Public Company) Balai Pustaka, Perum Perfilman Negara, and Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) to establish National Publishing and News Corporation (NPNC) to conduct joint marketing and promotion of the products of the media cluster to other State Owned Enterprises or other parties.

JAKARTA, JITUNEWS.COM -
Untuk mendukung sinergitas antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pada peringatan HUT Antara, Antara juga melakukan nota kesepahaman dengan Perum Balai Pustaka, Perum Perfilman Negara dan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), membentuk National Publishing and News Corporation (NPNC) untuk melakukan pemasaran bersama dan promosi bersama produk dari cluster media ke BUMN lain maupun ke pihak lainnya.

"Sinergi ini sekaligus untuk menjalankan amanat Kementerian BUMN untuk melakukan dan juga menindaklanjuti sinergi seperti yang dicanangkan dalam komitmen KM Kelud November lalu," ujar Direktur Utama (Dirut) Perum LKBN Antara Saiful Hadi di Jakarta, Kamis (17/12).

Keberadaan cluster media tersebut hendaknya dapat dimanfaatkan BUMN lain yang membutuhkan jasa media untuk mendukung kinerjanya. Pada usianya yang ke-78 ini, Perum LKBN Antara telah mencapai beberapa kemajuan, baik secara institusi maupun secara individu, di tingkat para karyawannya.

"Pada awal 2015, portal berita kantor berita Antara menerima Penghargaan Adam Malik dari Kementerian Luar Negeri untuk kategori media online terbaik. Sedangkan para wartawan teks maupun foto LKBN Antara, baik di pusat maupun di Biro Provinsi, juga tercatat memenangi sejumlah Anugerah Jurnalistik yang diselenggarakan oleh BUMN maupun organisasi lainnya," ucapnya.

Ke depan, Antara tengah menyiapkan transformasi perusahaan yang diharapkan mampu membawa perusahaan menjalankan dua fungsi strategis. Pertama, sebagai kantor berita negara yang menyebarluaskan program-program pemerintah dan negara, baik ke dalam maupun ke luar negeri.

"Kedua, peran sebagai korporasi yang dapat mengembangkan usahanya yang menguntungkan sebagai BUMN," ungkapnya.

Antara akan menjalin kemitraan dengan seluruh kementerian/lembaga untuk menguatkan narasi tunggal bagi kepentingan keseragaman informasi yang menguatkan legimasi pemerintah. Antara juga akan meluncurkan produk "Layar Indonesia" yang bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) agar informasi dari Antara dapat langsung diterima publik.

Tutup Kebocoran Pendapatan Perusahaan, ASDP Terapkan Pembayaran Nontunai di Pelabuhan

Halaman: 
Penulis : Rachmad Faisal Harahap, Vicky Anggriawan