logo


Tertarik Membuka Usaha Penitipan Anak, Inilah Tipsnya!

TPA kini tak lagi sebagai pelengkap sarana bermain anak usia balita dan sekolah dasar

15 Desember 2015 15:32 WIB

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bila rumah Anda terletak di tepi jalan besar, memiliki banyak ruangan, halaman depan luas dan kebersihan terjaga maka Anda telah memenuhi beberapa syarat untuk dapat membuka usaha tempat penitipan anak atau TPA. Belakangan ini, tren wanita karir semakin meningkat akibat adanya akses pendidikan dan tuntutan hidup. Pekerjaan harus terus dijalankan, anak pun harus mendapatkan prioritas dalam pengasuhan.

TPA kini tak lagi sebagai pelengkap sarana bermain anak usia balita dan sekolah dasar. TPA saat ini sudah menjelma menjadi kebutuhan bagi pasangan suami istri pekerja. Untuk itu, bisnis tempat penitipan anak sangatlah penting bagi orang tua yang super sibuk. Namun, sebelum menjalankan usaha ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, di antaranya :

1. Tentukan lokasi usaha Anda. Jika Anda nyaman untuk menggunakan rumah Anda sebagai daycare, segera renovasi ruangan dalam rumah Anda semenarik mungkin. Beri warna-warna terang untuk cat tembok, kalau perlu disertai sticker dinding kartun yang disukai banyak anak-anak.


Jadi Korban PHK, Jangan Takut Banting Setir Jadi Pengusaha

2. Ajukan perizinan untuk memulai usaha daycare ini, agar nantinya tidak ada tetangga yang keberatan. Anda bisa mengurus izin keramaian di kepolisian setempat.

3. Terlebih dahulu, Anda harus menetapkan batas usia anak yang bisa Anda tampung. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan, lokasi dan hasil survey terhadap usia anak yang biasa dititipkan oleh orangtuanya. Bila Anda menetapkan batas usia dari satu sampai tiga tahun, perbanyaklah mainan dan sediakan boks tempat tidur. Bila Anda memilih anak usia tiga tahun keatas, tambahkan berbagai metode pengajaran dasar yang menarik.

4. Pengetahuan dasar mengenai anak mutlak dibutuhkan. Anda bisa menggandeng relasi Anda yang memiliki basic ilmu keperawatan maupun guru TK.

5. Segera list sarana operasional yang Anda butuhkan seperti alat bermain anak, disesuaikan dengan kebutuhan umur. Mainan dan buku-buku bisa Anda beli secara bertahap. Untuk menghemat biaya, Anda lebih baik memesan di toko perlengkapan mebel atau di tukang kayu dibanding harus membeli di toko untuk tempat tidur atau boks. Makanan kebutuhan anak seperti susu, biskuit dan menu empat sehat lima sempurna. Peralatan administrasi seperti meja, buku tulis, alat tulis kantor dan sebagainya. Perlengkapan belajar anak seperti meja dan kursi plastik.

6. Untuk makan siang dan camilan, ada baiknya Anda menggunakan jasa catering yang menyediakan makanan sehat dan dapat dipercaya.

7 Peluang Usaha 2020 Paling Mudah dan Menguntungkan

Halaman: 
Penulis : Suciati, Ignatius Liliek Senaharjanta