logo


Nila Sultana Mampu Hidup di Air Payau

Ikan nila (oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan air tawar yang sangat populer

15 Desember 2015 10:57 WIB

Benih nila sultana. (Foto: Istimewa)
Benih nila sultana. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ikan nila (oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan air tawar yang sangat populer di Budidayakan masyarakat indonesia. kini muncul jenis varian nila baru yakni jenis Nila Sultana asal Sukabumi Jawa Barat, Sunato Tjahyadi salah satu pelaku pembesaran Nila Sultana yang menyelami bisnis ini sejak 2013 menuturkan banyak keuntungan dan kelebihan yang di dapat dari Budidaya Nila Sultana.

Salah satu kelebihannya adalah Nila Sultana mampu hidup dan berkembang di air payau. "saya merupakan pelaku pembesaran ikan yang berada di Teluk Gong di mana letak kolam berada dekat dengan garis pantai utara oleh sebab itu air kolam payau namun ajaibnya Nila Sultana masih bisa berkembang dengan baik kendati habitat aslinya di air tawar," pungkasnya.

Sunanto menambahkan salinitas air yang tinggi justru membuat ikan semakin cepat berkembang karena tidak adanya penyakit yang mampu hidup di air asin. "Nila sultana itu kan pada dasarnya sudah tahan terhadap segala macam penyakit, ditambah kondisi air yang mendukung menjadikan Nila Sultana semakin cepat besar dan sehat," jelas Sunanto. Tak mesti dalam kolam arus, di dalam kolam tenang berair payau pun Nila Sultana mampu tumbuh besar namun dengan waktu yang lebih lama dari kolam arus akibat minimnya kadar oksigen terlarut.

Sunanto berharap hal tersebut dapat disikapi oleh para pelaku pembesaran ikan lain yang berada di pesisir utara sebagai peluang usaha baru. sebab hingga akhir 2015 permintaan pasar terhadap Nila Sultana konsumsi begitu tinggi dan belum berimbang dengan hasil produksi per hari yang masih terbilang rendah "Nila Sultana itu pangsa pasarnya restoran dan rumah makan, tidak menutup kemungkinan juga bisa  merambah pasar modern" ucap Sunanto.

Gaet Perum Perindo, KKP Komit Perkuat Sistem Logistik Perikanan

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Vicky Anggriawan
 
×
×